Ini dia contoh makalah filsafat pendidikan

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah filsafat pendidikan. Pendidikan menjadi kebutuhan utama bagi para manusia saat ini. Manusia lahir hingga meninggal mengalami proses pembelajaran didalam hidupnya baik tua dan muda. Ini merupakan bukti bahwa pendidikan tidak hanya di dapat dari sekolah melainkan juga lingkungan dan segala akpek kehidupan yang turut serta mempengaruhinya. Dunia pendidikan selalu berkaitan dengan kecintaan manusia dalam mempelajari ilmu-ilmu dunia. Maka dari itu tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah untuk membahas filsafat pendidikan yang merupakan kerelaan mengjar ilmu untuk memperbanyak pengetahuan agar dapat menjadi manusia yang lebih bermoral. saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

6

Dari pembahasan makalah filsafat pendidikan dapat ditarik kesimpulan bahwa ktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan, dan memadukan proses pendidikan. filsafat pendidikan menjelaskan nilai-nilai dan maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya. Filsafat pada dasarnya merupakan pedoman akan sesuatu hal berfungsi sebagai sarana bagi manusia untuk dapat memecahkan berbagai problematika kehidupan yang dihadapinya, termasuk dalam problematika dalam pendidikan. Ruang lingkup filsafat pendidikan terdiri dari semua aspek yang berhubungan dengan upaya manusia untuk mengerti dan memahami hakikat pendidikan yang baik dan bagai mana tujuan pendidikan itu dapat dicapai seperti yang di cita-citakan. Aspek tersebut diantarnya merumuskan secara tegas sifat hakikat pendidikan, merumuskan sifat hakikat manusia, sebagai subjek dan objek pendidikan, merumuskan secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan, merumuskan secara hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, teori dan pendidikan, merumuskan hubungan antara filsafat negara (ideologi), filsafat pendidikan dan politik pendidikan (sistem pendidikan) serta merumuskan sistem sistem nilai-norma atau isi moral pendidikan yang merupakan tujuan pendidikan. Filsafat pendidikan merupakan kompenen penting didalam dunia pendidikan karena filsafat menjadi dasar pemikiran manusia dalam melakukan aktivitas pendidikan.

Demikian makalah filsafat pendidikan yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami dunia pendidikan yang melandaskan pemikiran para pendidik dalam proses belajar dan mengajar. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah sistem informasi, makalah filsafat pendidikan , makalah komunikasi bisnis , makalah pengantar bisnis , makalah filsafat hukum , makalah seni musik , contoh saran makalah , makalah teknologi informasi , makalah ipa , makalah perbankan , makalah akuntansi manajemen

Related Posts