Fungsi Membran Sel

 Pengetahuan

Yuk, kita belajar ilmu pengetahuan alam yang kaitannya ada pada tubuh kita. Penulis mengajak pembaca untuk sama – sama mereview pelajaran tahun lalu, atau pelajaran yang mungkin akan pembaca pelajari, apa pembahasaan kali ini? Pembahasan kali ini kita akan mengambil topic tentang sel, dengan judul fungsi membrane sel. pembaca tahu tidak? masih ingat tidak? lanjut ke pembahasan berikutnyaaa.

Sebelum ke pembahasan fungsi membrane sel, pembaca tahu tidak apa itu membrane sel? Sel, diartikan sebagai bagian terkecil dalam organisme. Dalam ilmu alam, di pelajaran biologi membrane sel diartikan sebagai struktur selaput tipis yang menutupi/ menyelubungi/ melindungi sebuah sel, yang membatasi keberadaannya. Membrane sel dikenal dengan nama lainnya yaitu membrane plasma/ selaput plasma. Membrane sel tersusun dari molekul lipid (senyawa lemak) dan senyawa protein, molekul lipid yang menyusun membrane sel terdiri dari 3 jenis, yaitu : fosfolipid, kolestrol, dan glikolipid. Membrane sel bersifat semipermeable (selektif permeable), mengapa? Karena senyawa lemak sebagai penyusun membrane sel bersifat hidrofobik, apa maksudnya? Maksudnya adalah senyawa lemak ini tidak dapat larut dalam air, berbeda dengan senyawa protein yang bersifat larut dalam air (hidrofilik). Akibatnya adalah membrane sel hanya dapat dilewati molekul – molekul tertentu saja).  Sudah tahu kan pembaca tentang pengertian dan pemahaman mengenai membrane sel? Setelah membahas pengertian dari membrane sel, kita lanjutkan pembahasan kita ke fungsi membrane sel yang ada dalam tubuh.

8

Sesuai dengan arti yang sudah dijelaskan pada alenia sebelumnya, membrane sel bisa dibilang sebagai pelindung dari sebuah sel. apa hanya itu fungsinya? membrane sel tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung sel, membrane sel juga memiliki banyak fungsi lain, fungsi membrane sel yang lainnya adalah sebagai berikut ;

  1. Sesuai dengan artinya, membrane sel berfungsi sebagai selaput pelindung sebuah sel
  2. Sesuai dengan sifatnya, artinya membran sel membatasi molekul – molekul mana yang dapat / tidak dapat dilewati dalam suatu sel yang dilindungi oleh membrane sel
  3. Membrane sel merupakan pintu gerbang untuk zat menuju atau meninggalkan sel
  4. Membrane sel membatasi kegiatan yang terjadi di dalam sel, sehingga tidak mudah terganggu oleh pengaruh luar
  5. Membrane sel berfungsi sebagai reseptor

Bagaimana pembahasan artikel tentang fungsi membrane sel kali ini pembaca? Sudah paham kan tentang penjelasan mengenai membrane sel, mulai dari pengertian dan fungsi membrane sel dalam tubuh? Membrane sel dikatakan sebagai bagian penting dalam tubuh karena menjalankan fungsi sebagai pelindung, tanpa diselubungi membrane sel, sel dapat dengan mudah rusak karena pengaruh luar, maupun dari dalam tubuh kita. Jika sel rusak dampak apa yang terjadi? Pasti banyak kan pembaca? Karena tubuh kita tersusun dari tiap sel yang ada di setiap bagian tubuh dan menjalankan fungsi dengan semestinya.

Penulis rasa pembahasan artikel fungsi membrane sel kali ini cukup. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca, menambah wawasan, dan mungkin menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin ada di benak pembaca selama ini sehingga membuat pembaca merasa penasaran untuk mengetahui apa jawabannya jawabannya. Penulis juga berharap pembaca terus mencari ilmu dan tidak hanya puas dengan ilmu yang dimilikinya sebanyak apapun ilmu itu.

Related Posts