Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

 Kesehatan

Rumput laut, dari namanya saja sudah bisa ditebak seperti apa tumbuhan yang satu ini.  Rumput laut merupakan tumbuhan laut yang buasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan agar-agar. Tanaman ini termasuk tumbuh-tumbuhan laut jenis Algae atau ganggang multiseluler yang tidak memiliki akar, batang, dan daun. Rumput laut memiliki bentuk yang beraneka ragam, ada yang bulat, pipih, tabung, atau bercabang-cabang. Manfaat rumput laut bagi kesehatan menjadi salah satu alasan tanaman ini banyak digemari untuk dikonsumsi. Rumput laut selain diolah menjadi agar-agar, juga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman yang lezat. Bahkan, saat ini sedang marak inovasi rumput laut yang diolah menjadi keripik.

Rumput laut merupakan tanaman laut yang biasa tumbuh di sekitar karang-karang yang telah mati. Minat masyarakat yang cukup tinggi untuk mengonsumsi rumput laut membuat stok rumput laut alami tidak mencukupi. Itulah sebabnya mulai banyak bermunculan petani rumput laut yang membudidayakan tanaman laut ini agar bisa dipanen dalam jangka waktu tertentu. Minat masyarakat pada rumput laut tak hanya digunakan untuk bahan makanan saja, melainkan juga bisa dijadikan bahan dasar pembuatan obat, kosmetik, tekstil, kertas, dan cat. Selain manfaat rumput laut bagi kesehatan dan bahan pangan, rumput laut juga bisa digunakan sebagai pupuk hijau dan komponen pakan ternak serta ikan. Apa saja kandungan gizi di dalam rumput laut? Kandungan gizi yang bisa didapat dari mengonsumsi rumput laut adalah kolagen, kalsium, antioksidan, vitamin A, B6, B12, C, omega 3, omega 6, kalium, zat besi, magnesium, iodine, potassium, dan beta cartine.

5

Manfaat rumput laut bagi kesehatan tentu saja didapatkan dari berbagai macam kandungan gizi yang telah disebutkan di atas. Berikut ini adalah paparan manfaat dari rumput laut.

  • Menjaga berat badan karena rumput laut bebas lemas dan kaya akan kandungan serat pangansehingga mampu memberikan efek kenyang lebih lama dan mengendalikan berat badan.
  • Mencegah anema (kurang darah) karena rumput laut mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah berkat kandungan zat besi di dalamnya.
  • Sebagai pengganti garam pada masakan karena rasanya yang asin dan tentu lebih menyehatkan.
  • Mencegah penderita diabetes (kencing manis) terserang penyakit komplikasi karena rumput laut mengandung gula kering yang bila dikonsumsi langsung bisa dicerna menjadi energi.
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan cara memperbanyak produksi antibodi, dan sel-sel yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.
  • Sangat baik untuk penyembuhan luka karena kandungan vitamin C yang juga sangat baik bagi gigi dan gusi.
  • Mengatasi alergi karena rumput laut mampu mencegah pelepasan histamine atau zat penyebab alergi.
  • Mencegah penyakit kanker pay*udara dengan rutin mengonsumsi rumpt laut sebagai menu makan setiap hari.
  • Mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang karena kandungan kalsiumnya lebih banyak dibandingkan dengan susu.
  • Mencegah penyakit hepatitis karena kandungan asam amino mampu memulihkan sel hati dan kandungan alkali empedunya mampu memulihkan fungsi hati.
  • Rumput laut jenis spiral mampu mencegah radiasi yang sangat kuat.

Related Posts