Ini dia contoh makalah demam berdarah

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah demam berdarah. Demam berdarah pernah menjadi salah satu penyakit yang meresahakan mayarakat Indonesia karena banyak sekali masyarakat yang meninggal disebabkan penyakit deman berdarah. Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia. Hampir setiap tahunnya di Indonesia ada saja orang yang terjangkit penyakit demam berdarah. Hal ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat masih kurang sadar terhadap kebersihan lingkungan serta lambatnya pemerintah dalam mengantisipasi dan merespon terhadap merebaknya kasus demam berdarah ini. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan penyebab demam berdarah, gejala yang timbul ketika seseorang terkena demem berdarah dan pencegahan dan pengobatan penyakit demam berdarah. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

11

Dari pembahasan makalah demam berdarah diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penyakit demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus yang bernama virus dengue melalui gigitan nyamuk aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia. Virus penyebab penyakit demam berdarah Indonesia terdapat 2 jenis yaitu virus dengue dan virus chikungunya. Diantara kedua jenis virus tersebut, virus dengue merupakan penyebab terpenting dari demam berdarah. Gejala yang timbul pada seseorang yang terkena penyakit demam berdarah diantaranya mendadak panas tinggi selama 2 – 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih, muncul binti-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang, perdarahan di hidung atau mimisan, muntah darah atau berak darah, Tes Torniquet positif, adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura, nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lumbung, bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin, berkeringat, perdarahan selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya, Hematemesis atau melena, trombositopenia. Cara pencegahan penyakit demam berdara adalah dengan menjaga kebersihan dengan melakukan kegiatan seperti Membersihkan atau menguras tempat penyimpanan air, Tutuplah tempat penampungan air dengan rapat, agar supaya nyamuk tidak dapat masuk dan berkembang biak di tempat itu, mengubur atau buang barang-barang bekas pada tempatnya, dan untuk tempat-tempat yang tidak mungkin atau sulit untuk dibersihkan dan dikuras, taburkanlah bubuk ABATE ke dalam genangan air tersebut yang fungsinya untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

Demikian makalah demam berdarah yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah akuntansi manajemen , makalah sistem pemerintahan , makalah bahaya narkoba , makalah kesehatan reproduksi , makalah akhlak , makalah hepatitis , makalah demam berdarah , makalah bayi tabung , kata pengantar makalah , makalah bahasa indonesia

Related Posts