Misteri dan Apa Sebenarnya Buah Khuldi

 Kesehatan

Buah khuldi, mungkin sudah sangat tidak asing lagi di telinga kita, tetapi bisa dipastikan bahwa buah ini sangat asing di mata kita. Bagaimana tidak? Sampai saat ini masih simpang siur mengenai misteri dan apa sebenarnya buah khuldi itu? Banyak peneliti yang masih melakukan telaah pada banyak kitab dan bukti-bukti sejarah untuk mengungkap kebenaran mengenai buah khuldi. Buah khuldi selalu identik dengan kisah Nabi Adam As dan Hawa yang diusir dari surge akibat memakan buah terlarang, dan buah yang dimaksud adalah buah khuldi. Dari kisah tersebut muncul anggapan bahwa buah khuldi merupakan buah terlarang yang tidak boleh dikonsumsi. Benarkah hal tersebut?

Misteri dan apa sebenarnya buah khuldi. Buah khuldi merupakan buah yang ada di surga. Berbagai agama memiliki kisah mengenai Adam dan Hawa sehingga hampir seluruh manusia di bumi ini pastinya mengetahui kisah tentang buah khuldi. Meski sampai saat ini belum ada kepastian mengenai buah khuldi, tetapi banyak yang sudah berspekulasi mengenai buah tersebut. Ada sekitar 10 buah yang dianggap sebagai buah khuldi dan beberapa di antaranya merupakan buah yang ada di sekitar kita dan sangat mudah ditemui. Bahkan tak sedikit dari buah-buah prediksi tersebut sangat kaya nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

7

Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti misteri dan apa sebenarnya buah khuldi itu? Tak ada seorang pun yang bisa memastikan seperti apa bentuknya, apa warnanya, dimana tumbuhnya, dan bagaimana rasanya. Tak ada yang tahu, semuanya hanya bisa menerka-nerka saja. Berikut ini adalah beberapa buah terkaan manusia yang dianggap sebagai buah khuldi.

  • Buah apel

Buah apel dikatakan sebagai terkaan buah khuldi karena kesamaan katanya dengan kata ‘setan’ dalam bahasa Latin. Apel dan setan sama-sama diartikan sebagai ‘malum’ dalam bahasa Latin sehingga apel diprediksi sebagai buah terlarang. Selain itu, konon di dalam cerita buah khuldi tersangkut di tenggorokan Adam dan Tuhan mengubahnya menjadi jakun. Di dalam bahasa Inggris, jakun diartikan sebagai ‘Adam’s Apple’.

  • Buah fig atau buah tin

Buah fig atau biasa disebut juga dengan buah tin merupakan prediksi buah khuldi selanjutnya. Bagi orang Indonesia, buah fig mungkin bukan buah yang bisa ditemui dengan mudah. Buah fig diprediksikan sebagai buah khuldi karena di berbagai kitab disebutkan bahwa buah fig adalah buah terlarang. Bahkan, para seniman menggambarkan aurat Adam dan Hawa ditutup dengan daun buah fig.

  • Buah anggur

di sebuah versi cerita, Hawa diceritakan memetik buah anggur dan meminum perasan sarinya. Air perasan anggur tersebut memiliki efek memabukkan seperti wine sehingga membuat Adam dan Hawa lupa diri kemudian melucuti pakaiannya.

  • Buah tomat

Tomat dikaitkan dengan buah khuldi karena di beberaoa bahasa Slavia tomat disebut dengan ‘rajcica’ atau ‘paradajz’ yang artinya surga. Sehingga banyak yang meyakini bahwa tomat adalah buah dari surga atau buah khuldi.

  • Biji gandum

Meski bukan buah, gandum diperkirakan sebagai buah khuldi karena dalam bahasa Ibrani buah ini disebut dengan ‘khitah’ mirip dengan ‘khet’ yang berarti dosa. Selain itu, banyak orang meyakini bahwa gandum dulunya memiliki pohon setinggi pohon palem dan berbiji besar. Namun, karena gandum (yang terlarang tersebut) dimakan oleh manusia maka pohon gandum dikutuk. Pohonnya menjadi sependek pohon padi dan bijinya juga mengecil.

Related Posts