Manfaat dan Keutamaan Ayat Kursi

 Kesehatan

Sebagai umat muslim, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bacaan Ayat Kursi. Sebuah ayat yang terdapat di dalam Al-Quran, tepatnya di dalam surat Al-Baqarah. Ayat Kursi diturunkan oleh Allah SWT pada suatu malam setelah Hijrah. Pada saat itu, beribu-ribu malaikat mengantar penurunan ayat tersebut karena kebesaran dan kemuliaannya. Oleh sebab itu, manfaat dan keutamaan ayat kursi \sudah tidak perlu diragukan lagi. Disebut dengan nama Ayat Kursi karena di dalam ayat tersebut terdapat kata Kursi yang bermakna tempat duduk yang megah dan memiliki martabat. Kursi yang dimaksud di sini bukanlah tempat duduk Tuhan, melainkan Kursi adalah syiar atas kebesaran Tuhan.

Ayat Kursi merupakan ayat yang paling agung di dalam Al-Quran karena memiliki keutamaan yang tiada bandingannya. Berikut ini adalah manfaat dan keutamaan ayat kursi seperti yang telah banyak diriwayatkan oleh hadits-hadits.

2

  • Bila istiqamah membaca Ayat Kursi saat setelah shalat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap masuk ke rumah, setiap ke tempat tidur dan musafir, insya Allah akan diamankan dari godaan setan dan kejahatan pemerintah yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang memudharatkan, terpelihara dirinya, keluarganya, dan anak-anaknya, hartanya, rumahnya dari kecurian, kebakaran, dan kekaraman.
  • Barang siapa membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali maka akan dibukakan dadanya dengan berbagai hikmah, dimurahkan rezekinya, dinaikkan derajatnya, dan diberikan pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya, serta terpelihara dari segala bencana.
  • Syeikh Abul ‘Abas alBunni menjelaskan bahwa siapapun yang membaca ayat kursi 50 kali kemudian meniupkannya ke air lalu meminumnya, maka insya Allah Tuhan akan mencerdaskan akalnya dan memudahkannya memahami pelajaran.
  • Membaca Ayat Kursi sebanyak 7 kali setiap hari merupakan kebiasaan Rasulullah SAW untuk membentengi dirinya sendiri.
  • Barang siapa yang membaca ayat kursi menjelang tidur, maka Tuhan akan mewakilkan dua malaikat untuk menjaganya tidur sampai pagi hari.
  • Barang siapa membaca Ayat Kursi sebelum keluar rumahnya, maka Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuk memohon ampunan dan mendoakan orang tersebut.
  • Barang siapa membaca Ayat Kursi saat dalam kesempitan, niscaya Allah SWt akan berkenan memberi pertolongan kepadanya dari kesempitan tersebut.
  • Orang yang selalu membaca Ayat Kursi akan dicintai Allah SWT dan dipelihara Allah SWT sebagaimana Dia memelihara Nabi Muhammad SAW.

Selain semua manfaat dan keutamaan Ayat Kursi di atas, masih banyak lagi yang bisa didapatkan bila kita rajin membaca dan mengamalkan Ayat Kursi. Keutamaan tersebut membuat Ayat Kursi selalu hadir di setiap doa para muslim, tak lain dan tidak bukan adalah untuk mengharapkan ridha dan mukjizat dari Ayat Kursi tersebut. Sebagai ayat penting dan memiliki fadhilah yang sangat besar, Ayat Kursi menjadi wajib untuk dihafalkan, dibaca, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan Ayat Kursi dalam kehidupan sehari-hari bisa ditandai dengan selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangannya. Selain itu, Ayat kursi juga berbicara mengenai ilmu yang bisa didapatkan oleh para pembacanya agar bermanfaat bagi kehidupannya.

Related Posts