Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan

 Kesehatan

Pernah mendengar mengenai ikan gabus? Jangan bayangkan bentuknya sama dengan gabus bahan pembuatan kursi dan peralatan rumah tangga lainnya. Ikan gabus adalah jenis ikan yang tidak banyak dibudidayakan, tetapi ikan ini hidup secara liar di rawa, danau, sungai, parit, sawah, dan perairan lainnya yang rendah kadar oksigen. Manfaat ikan gabus bagi kesehatan tidak bisa diremehkan meski cara hidupnya kebanyakan liar. Ikan gabus dipercaya mampu mengobati berbagai macam luka, seperti luka pasca operasi, luka bakar, pasca melahirkan, atau luka-luka jenis lainnya. Ikan gabus tersebar banyak di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Jawa, Betawi, Sunda, Riau, dan berbagai daerah lainnya.

Ikan gabus memiliki nama ilmiah Ophiocephalus Striatus dengan ciri badan bulat memanjang, punggung bulat, kepala pipih murip ular, badan berwarna hitam dengan perut putih atau krem. Di badannya terdapat gambar dan sirip ekornya membulat setengah lingkaran. Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar yang paling banyak mendiami perairan yang tenang dan dalam. Ikan ini memiliki daging yang tebal dan sedikit duri. Berbicara mengenai kandungan gizinya, ikan gabus tidak kalah dengan ikan-ikan lainnya. kandungan protein ikan gabus lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan bandeng, ikan mas, ikan kakap, dan ikan sarden. Ikan gabus juga mengandung albumin plus mineral zinc. Albumin yang dimaksud terdapat di dalam plasma darah manusia dan berfungsi membawa molekul-molekul kecil untuk melewati plasma dan cairan sel.

4

Dari segi kandungan gizi, ikan gabus memang tidak bisa diremehkan. Oleh sebab itu, manfaat ikan gabus bagi kesehatan juga telah diyakini oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat bila mengonsumsi ikan gabus secara rutin.

  • Membantu mempercepat kesembuhan dan meregenerasi kulit mati berkat kandungan albumin. Proses penyembuhan yang dimaksud adalah penyembuhan pada luka, bisa berupa luka biasa atau luka pasca melahirkan dan pasca operasi.
  • Mendukung pertumbuhan balita, pertumbuhan yang dimaksud adalah pertumbuhan fisik, otak, dan sistem kekebalan tubuhnya sehingga anak tidak mudah sakit.
  • Menghilangkan pembengkakan, membantu penyembuhan autis, dan mampu memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak, serta ibu hamil.
  • Albumin berfungsi untuk mengatur keseimbangan air di dalam sel, memberikan gizi di dalam sel, dan membantu mengeluarkan produk buangan.
  • Mampu menurunkan berat badan karena ikan gabus rendah kadar lemak dan kolesterolnya masih di bawah rata-rata.

Agar mendapatkan manfaat ikan gabus bagi kesehatan, Anda harus memahami cara pengolahan yang tepat agar nilai gizinya tidak berkurang atau malah hilang. Sebaiknya ikan gabus dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi sup. Hindari mengolah ikan gabus dengan cara digoreng atau dibakar, memang hasilnya lebih nikmat dan menggugah selera, tetapi kandungan gizinya akan turun drastis karena proses penggorengan dan pembakaran. Ada sebagian orang yang tidak suka menyantap ikan gabus karena ikan ini berbau lumpur. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan cara mencucinya dengan air kapur. Hasilnya, ikan gabus akan bersih dan terbebas dari bau lumpur.

Related Posts