Macam-Macam Penyakit Pada Telinga , Pencegahannya , Ciri Ciri Gejalanya, dan Pengobatanya

 Kesehatan

Telinga adalah salah satu dari panca indra yang memiliki kemampuan untuk mendengar, karena itu jika terjadi sesuatu dengan telinga kita, maka kita juga akan mengalami kendala dalam berkomunikasi dengan orang lain, bahkan jika sejak dini seseorang telah mengalami gangguan terhadap telinga atau pendengarannya maka tidak menutup kemungkinan orang tersebut juga akan bisu, karena bahasa yang diucapkan oleh orang lain sebagai input tidak dapat didengar maupun ditirukan oleh seseorang yang menderita gangguan pendengaran, oleh karena itu bagi orang tua sangat penting mengetahui macam-macam penyakit pada telinga , pencegahannya , ciri ciri gejalanya, dan pengobatanya agar dapat memberikan penanganan sejak dini kepada buah hati. Penanganan sejak dini pada buah hati yang menderita gangguan pada pendengaran akan sangat membantu agar anak tidak terlambat berbicara dan mendapat input bahasa dari lingkungan sekitar.

 1

                Macam-macam penyakit pada telinga , pencegahannya , ciri ciri gejalanya, dan pengobatanya dapat anda simak dalam atikel ini, beberapa penyakit yang dapat menyerang telinga antara lain

  1. Penyakit pada telinga yang disebut Swimmer’s Ear

Penyakit swimmer’s ear adalah infeksi yang terjadi pada canal telinga, canal telinga yang terkena infeksi biasanya menjadi bukti dari penyebab penyakit ini, salah satu penyebab penyakit ini adalah karena terkena air pada saat berenang, meskipun dengan berenang tidak akan menyebabkan infeksi namun, air yang terdapat pada kolam renang jika masuk ke dalam telinga dan mengenai canal, maka canal beresiko terkena infeksi.

  1. Penyakit pada telinga yang disebut Meniere

Gangguan yang terdapat pada telinga ini biasanya terjadi pada telinga bagian dalam. Penyebab dari gangguan telinga ini adalah berlebihannya cairan yang terdapat di dalam telinga, yang mengakibatkan tekanan dalam telingga dalam menjadi naik, sehingga fungsi telinga menjadi cacat dan mengurangi pendengaran.

  1. Penyakit pada telinga yang disebut Vestibular Neuritis

penyakit Ini adalah penyakit yang terjadi akibat pembengkakan dan iritasi terhadap syaraf vestibular.

  1. Penyakit telinga yang di sebut Herpes Zoster Otitis

Penyakit ini di sebabkan oleh virus Vericella-Zoster, virus ini juga dapat menyebabkan cacar air, virus ini menyerang pada syaraf wajah dan telinga. Gejala yang ditimbulkan adalah biasanya telinga terasa sakit dan nyeri, terlihat kemerahan di bagian telinga, bahkan jika telah parah dapat megakibatkan mati rasa pada sebagian wajah.

Demikianlah Macam Macam Penyakit Pada Telinga , Pencegahannya , Ciri Ciri Gejalanya, dan Pengobatanya, yang perlu menjadi perhatian adalah jika anda telah terinfeksi virus atau gangguan pada telinga maka suara yang terdengar akan kurang jelas, selain itu tidak menutup kemungkinan disertai dengan vertigo atau sakit kepala yang hebat. Jika anda mengalami gangguan pada telinga anda sebaiknya segera menghubungi dokter agar dapat ditangani lebih dini dan mendapatkan perawatan maksimal, selain itu pencegahan yang dapat dilakukan adalah memulai dari diri sendiri, yaitu dengan menjaga kebersihan telinga, dan menutup telinga jika sedang berenang, sehingga dapat mencegah air dari kolam renang agar tidak mudah masuk.

Related Posts