Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli Adalah – Pernah mendengar istilah public relation? Public relation atau bisa diartikan dengan hubungan masyarakat kini semakin dicari. Para pengusaha kini mulai menggunakan jasa orang yang pintar dalam PR untuk menciptakan image yang baik bagi perusahaannya. Dengan adanya Public relation maka perusahan dapat menjadi lebih berbaur dengan masyarakat luas. Public relation juga merupakan bagian dari cabang ilmu sosial lho. Kita simak Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli ya.

8

  1. Howard Bonham

Howard, penulis bisnis dari Amerika ini menjelaskan, Public relation adalah sebuah seni yang dapat menciptakan citra lebih baik dan juga memnbangun hubungan dengan masyarakat secara Akrab. Public relation sangat diperlukan oleh sebuah organisasi untuk menciptakan respon positf masyarakat pada perusahaan tersebut.

  1. James E.Grunig

Public relation adalah cara untuk melatih komunikasi antara sebuah lembaga atau organisasi dengan masyarakat.

  1. Edward L.Bernays

Public relation merupakan sebuah usaha untuk berkomunikasi dan membujuk supaya masyarakat mengubah sikapnya serta tindakannya dan untuk menyelasaikan masalah manusia.

  1. Scott dan Allen

Menurut mereka Public relation berkaitan dnegn fungsi manajemen yang mengatur kegiatan masyarakat serta menilai sikap masyarakat pada sebuah organisasi agar organisasi itu dapat mengambil kebijakan sesuai dengan kepentingan orang banyak.

  1. C. Seidel

Public relation adalah proses yang berkelanjutan yang merupakan usaha dari manajemen yang memiliki niat baik agar sebuah perusahaan yang terdiri atas pelanggan, karyawan serta masyarakat dapat saling mengerti kebutuhan masing-masing.

  1. Emerson Reck

Public relation adalah pelaksanaan kebijakan serta pelayanan yang disesuaikan dengan masyarakat agar mendapatkan kepercayaan dari mereka.

  1. Wilcox dan Cameron

Public relation merupakan bagian dari manajemen yang digunakan untuk memperoleh dukungan, saling pengertian dan simpati dari masyarakat dengan meminta opini masyarakat tentang organisasi itu sebagai bahan evaluasi.

  1. Maria

Public relation atau hubungan masyarakat merupakan bagaian dari fungsi manajemen yang memiki tujuan untuk berkomunikasi dan kerjasama antara organisasi dengan masyarakat. Dengan cara menampung dan merespon pendapat atau un keluhan masyarakat serta bertanggung jawab dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Itulah beberapa pendapat para ahli yang telah kami rangkum. Sekarang kita telah memahami Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli. Public relation ini juga masuk dalam linguistik dan psikologi. PR ini berguna untuk menunjukkan bahwa sebuah perusahaan atau organisasi ingin mengabdi kepada masyarakat. Public relation ini memiliki tahapan-tahapan, yaitu :

  1. Penelitian (research)

Tahap awal adalah mengumpulkan data sikap, opini, persoalan, dan sebagainya. Data dapat diperoleh secara kualitatif dan kuantitatif.

  1. Perencanaan (planning)

Pada tahap ini mulai disusunnya masalah dan memikirkan pemacahannya. Pada tahap ini juga dilakukan perencenaan yang matang atas pemecahan masalah.

  1. Pengiatan (action)

Tahap action ini adalah tahap komunikasi yang dilakukan secara person, kelompok atau pun melibatkan masyarakat luas lewat media massa.

  1. Evaluasi (Evaluation)

Evaluasi ini merupakan tahap akhir. Yakni tahap penilaian apakah Public relation sudah berjalan dengan baik atau masih perlu ditingkatkan lagi.

Related Posts