Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bangsa kacang-kacangan atau polong-polongan kaya akan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk dengan kacang merah. Salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak digemari karena rasa dan khasiatnya yang menakjubkan ini memang tengah menjadi primadona. Kacang merah mulai banyak beredar di pasaran, tidak sulit ditemui seperti dulu lagi. Kacang merah bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari sayur, sup, bubur, es, bahkan kini ada pula es krim kacang merah. Manfaat kacang merah bagi kesehatan menjadi salah satu alasan manusia berusaha membuat beragam inovasi makanan dan minuma dari kacang merah agar lebih mudah dan nikmat untuk dikonsumsi.

Masih dalam pembahasan mengenai manfaat kacang merah bagi kesehatan dan kemampuannya mengoati beragam jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Kacang merah sering digunakan dalam berbagai hidangan di berbagai acara. Jenis kacang merah yang biasa dijual dan dikonsumsi  oleh kebanyakan orang adalah kacang merah yang masak dan sudah kering. Meski begitu tidak mengurangi kandungan gizi di dalamnya dan itu juga berarti tidak mengurangi manfaat yang bisa didapatkan tubuh setelah mengonsumsinya. Apa saja kandungan gizi yang terdapat di dalam kacang merah? Kacang merah mengandung beragam nutrisi dan vitamin, yakni asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, fosfor, mangan, asam amino, protein, dan beragam vitamin seperti vitamin B kompleks. Kacang merah memiliki kandungan serat yang sangat tinggi , tetapi rendah kadar indeks glikemiknya sehingga sangat baik bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil.

6

Dengan kandungan vitamin dan nutrisi selengkap itu, sangat tidak mengherankan bila kacang merah sarat akan manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat kacang merah bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan rutin mengonsumsinya.

  • Membantu pematangan sel darah, membantu sintesa DNA dan RNA, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri sehingga mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan folat dan vitamin B6.
  • Meningkatkan energi dan metabolisme tubuh karena kandungan zat besi yang sangat tinggi.
  • Menjaga gula darah karena kandungan serat mampu menurunkan tingkat metabolisme kandungan karbohidrat di dalam kacang-kacangan.
  • Sebagai sumber vitamin yang mampu memelihara saraf otak dan sel-sel yang mencegah penyakit usia seperti Alzheimer.
  • Membantu proses pembekuan darah pada luka, membantu pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, pembentkan enzim, pembentukan tulang, mencegah risiko kurang darah (anemia) karena kacang merah mengandung zinc, besi, dan tembaga.
  • Mengontrol berat badan sehingga mencegah Anda dari kemungkinan menderita kelebihan berat badan karena kacang merah mampu memberikan efek rasa kenyang lebih lama.
  • Melancarkan sistem pencernaan karena serat di dalamnya mampu mempertahankan gerakan usus yang sehat sehingga mampu memudahkan buang air besar.
  • Baik untuk otak karena kacang merah mengandung vitamin K yang mampu memberikan nutrisi penting bagi otak dan sistem saraf.
  • Mampu menurunkan kadar kolesterol jahat karena mengandung banyak magnesium san serat yang juga bisa menghindarkan Anda dari resiko stroke.

Related Posts