Pengertian Model Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Model Menurut Para Ahli Adalah – Apa yang terbayang pertama kali di pikiran anda jika mendengar kata model? Diantara kita mungkin ada yang langsung terpikirkan pada gadis cantik yang berlenggak-lenggok di atas catwalk memamerkan busananya. Tidak salah memang, namun pengertian model tak hanya itu saja kok. Model juga sering kita jumpai ketika kita membahas suatu bidang ilmu. Biasanya kata ini bersinggungan pula dengan metode. Well, lalu apa sih model itu sebenarnya? Dari pada semakin bingung, silahkan simak Pengertian Model Menurut Para Ahli.

Model dapat diartikan sebagai acuan yang menjadi dasar atau rujukan dari hal tertentu. Menurut Wikipedia model adalah gambaran sederhana yang dapat menjelaskan objek, sistem atau suatu konsep. Model ini dapat berupa model citra (contohnya: gambar rancangan, citra computer), rumusan matematis, maupun model fisik, seperti : prototipe, maket, dan sebagainya. Nah, inilah Pengertian Model Menurut Para Ahli :

7

  1. Simamarta

Model ialah gambaran inti yang sederhana serta dapat mewakili sebuah hal yang ingin ditunjukkan. Jadi, model ini merupakan abstraksi dari sistem tersebut.

  1. Departemen P dan K

Model merupakan pola atau contoh dari sebuah hal yang akan dihasilkan.

  1. Gordon

Model ialah sebuah kerangka informasi tentang sesuatu hal yang disusun untuk mempelajari dan membahas hal tersebut.

  1. Marx

Model merupakan sebuah keterangan secara terkonsep yang dipakai sebagai saran atau referensi untuk melanjutkan penelitian empiris yang membahs suatu masalah.

  1. Murty

Model merupakan sebuah pemaparan tentang sistem tertentu yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai peneliti.

Dari beragam pendapat itu yang kurang lebihnya sama kini dapat kita simpulkan, Pengertian Model Menurut Para Ahli Adalah acuan yang dapat dijadikan contoh untuk menilai sebuah sitem tertentu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia juga disebutkan bahwa model berarti pola (ragam, acuan, dan sebagainya) dari sebuah hal yang ingin dibuat atau dihasilkan. Jadi, model ini sebuah contoh yang paling baik dan dapat mewakili sebuah objek.

Nah, untuk lebih dapat membedakan berbagai jenis model yang terkadang pun membuat pengertian model itu menjadi sedikit tergeser dan berbeda. Untuk itu , Tak hanya mengenal Pengertian Model Menurut Para Ahli saja . Sebaiknya kita juga membahas hal lain berkaitan dengan model, model dapat merujuk pada :

  • Model konseptual, yaitu model yang berfungsi memaparkan suatu ide tau konseptual. Model inilah yang biasanya di gunakan dalam suatau bidang ilmu, misalnya saja adalah: model pembelajaran, maka akan membahas tentang pemaparan ide-ide yang menjadi pedoman dalam suatu pembelajaran
  • Model data, yakni menjelaskan tentang struktur yang berbasis pada data.
  • Model bisnis, berisi rencana-rencana yang menjelaskan pemikiran-pemikiran serta cara dalam berbisnis.
  • Model ekonomi, menjelaskan tentang percobaan dalan suatu proses ekonomi.

Model sebagai pekerjaan :

  • Model (pekerjaan)

Merupakan jenis pekerjaan seseorang yang bertugas untuk memperagakan busana atau pun menampilkan produk atau biasa disebut iklan. Model biasanya dipilih berdasarkan cantik dan tampannya seseorang. Selain itu, orang yang telah popular juga bisa menjadi model. Misal : selebriti, tokoh politik, tokoh agama, dan sebagainya.

  • Model (seni), ini juga merupakan pekerjaan jenis pekerjaan seseorang.

Related Posts