Penyakit virus SARS, Penyebab, Tanda Ciri Gejala, Pencegahan, dan Cara Pengobatannya

 Kesehatan

Beberapa waktu yang lalu bangsa Indonesia sempat dihebohkan dengan adanya penularan Virus SARS yang berasal dari luar Negeri, beberapa kaum awampun mungkin kurang begitu paham apa sebenarnya penyakit virus SARS, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan , dan cara pengobatannya, sesungguhnya penyakit SARS ini pertama kali ditemukan di daerah Cina tepatnya Cina Selatan, di daerah endemiknya yaitu Cina, dari beberapa sumber mengatakan virus ini telah telah merenggut korban jiwa sebanyak 34 orang, setelah menyebar di Cina, kemudian virus ini menyebar di daerah Hongkong, di Hongkong virus ini telah merenggut korban sebanyak 16 jiwa, setelah itu beberapa Negara sekitar juga melaporkan telah menemukan virus tersebut menular pada warga di negaranya. Negara-negara Asia berdasarkan data yang diperoleh dari WHO menyebutkan bahwa mereka telah menemukan kasus meninggal dunia sebanyak 58 jiwa. Beberapa Negara Asia yang telah positif terinfeksi virus ini adalah Negara Thailand, Hongkong, Vietnam, Singapura dan Indonesia.

7

                Penyakit SARS, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya –Kasus yang ditemukan di Indonesia adalah 4 kasus dengan rincian 3 orang meninggal dunia dan 1 orang dikabarkan meninggalkan rumah sakit tanpa ijin. Di ibukota Jakarta sendiri telah menyiapkan sekurang-kurangnya 4 rumah sakit yang khusus menampung mereka yang memiliki gejala penyakit SARS. Karena cara penularan penyakit SARS yang tergolong sangat mudah dan gampang maka perlu kiranya kita berhati-hati dan membentengi tubuh agar terhindar dari virus SARS. Cara penularan virus SARS adalah melalui udara, jadi sangat berbahaya jika penderita SARS melakukan kontak langsung dengan orang lain maka kemungkinan besar virus tersebut dapat dengan mudah ditularkan. Selain itu yang perlu di waspadai adalah jika seseorang bebergian ke luar negeri maupun pulang dari luar negeri dengan tempat tujuan endemik virus SARS maka harus segera di periksakan.

                Penyakit SARS, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya –Masa inkubasi virus ini relative pendek yaitu rentan antara 2 hingga 8 hari, maka jika mereka datang dari bepergian keluar negeri kemudian terdapat tenda-tanda tertularnya penyakit SARS maka akan segera mendapatkan perawatan yang intensif. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penderita virus ini antara lain

  1. Mengalami panas tinggi dengan suhu badan mencapai 38oC atau lebih
  2. Gejala awal penderita penyakit ini yaitu terdapat batuk yang tidak kunjung henti
  3. Penderita mengalami gejala sesak nafas
  4. sakit kepala
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Infeksi saluran pernapasan yang akut

Jika anda baru pulang dari luar negeri dan memiliki gejala seperti diatas maka segera periksakan diri anda ke dokter agar penanganan yang tepat dan cepat dapat di lakukan.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus SARS, antara lain

  1. Menghindari kontak langsung dengan penderita SARS
  2. Menggunakan masker agar tidak mudah tertular virus ini melalui udara
  3. Mencuci tangan dengan bersih sesudah dan sebelum makan

Itulah beberapa tips dan informasi yang dapat kami bagikan, semoga kita semua dapat lebih berhati-hati dalam menjaga diri dan tubuh kita.

Related Posts