Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan

 Kesehatan

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber gizi bermanfaat bagi tubuh. Varian ubi jalar sangat banyak dan semuanya memiliki manfaat dan khasiat yang beragam, salah satunya adalah ubi ungu. Varian ubi yang satu ini memiliki banyak peminat karena rasanya yang terkenal sangat lezat, lebih manis, dan tekstur dagingnya lebih lembut. Manfaat ubi ungu bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi karena selain rasanya yang lezat, kandungan nutrisi dan vitaminnya juga melimpah. Hal tersebut terbukti dari warna ungunya yang menggambarkan beragam manfaat yang bisa didapat dengan rutin mengonsumsinya.

Khasiat dan manfaat dari ubi ungu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Beragam manfaat tersebut sudah banyak dibuktikan dan dinyatakan dalam berbagai artikel ilmiah. Tentunya manfaat tersebut tidak lepas dari beragam kandungan gizi di dalamnya. Apa saja kandungan gizi di dalam ubi ungu? Dalam sebuah ubi ungu bisa didapatkan berbagai mineral yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan gizi ubi ungu yang dimaksud adalah serat, karbohidrat kompleks, beta karoten, vitamin C, vitamin B6, lisin, kalium, zat besi, fosfor, dan kalsium. Dengan beragam kandungan itulah, ubi ungu menjadi makanan kaya manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

2

Adapun manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang sesuai dengan kandungan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menghambat penggumpalan darah karena kandungan antosianin bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu menyerap polusi udara sehingga aliran darah menuju ke jantung menjadi lancar.
  • Sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, hingga kanker kolon karena kandungan serat dan pectin di dalamnya.
  • Menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh karena kandungan seratnya mampu membantu menahan air.
  • Membantu meringankan radang perut dan maslah sejenis karena kandungan vitamin A, B, C, kalsium, dan potassiumnya mampu sebagai obat anti peradangan.
  • Mencegah penyakit kanker karena kandungan zat selenium dan iodin yang lebih tinggi daripada jenis ubi lainnya.
  • Menjaga tekanan darah karena kandungan kalium di dalamnya yang akan menstabilkan tekanan darah.
  • Menurunkan berat badan karena ubi ungu mengandung karbohidrat kompleks yang lebih lama disimpan di dalam perut sehingga membuatnya kenyang lebih lama.
  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan beta karoten dan vitamin A, bahkan ubi ungu merupakan sumber vitamin A terbaik.
  • Mengatasi sesak napas atau asma, hidung mampet, dan gejala paru-paru lainnya.
  • Mengontrol kadar gula di dalam darah atau diabetes karena ubi ungu mengandung gula alami yang mampu memenuhi kebutuhan gula di dalam tubuh.
  • Sebagai sistem imunitas yang baik bagi tubuh karena kandungan berbagai jenis nutrisi dan vitamin di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor.
  • Membantu mengurangi gejala arthritis karena kandungan beta karoten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks di dalam ubi ungu.

Tertarik dengan semua manfaat ubi ungu bagi kesehatan di atas? Segeralah mengonsumsi ubi ungu secara teratur dan rutin setiap hari. Tak perlu mengonsumsi dalam jumlah banyak, secukupnya saja asalkan rutin. Anda akan merasakan hasilnya bagi tubuh Anda. Tubuh akan terasa lebih segar, bugar, dan terhindar dari beberapa penyakit seperti yang telah dipaparkan di atas.

Related Posts