Manfaat Olahraga Lari bagi Kesehatan

 Kesehatan

Berolahraga tidak harus dilakukan dengan alat yang mahal, pakaian, yang mahal, tempat yang khusus, atau bahkan biaya ekstra. Hanya dengan berlari, tubuh kita sudah melakukan aktivitas olahraga yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa berlari mampu meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur seseorang. Manfaat olahraga lari bagi kesehatan tidak sampai disitu saja. Masih banyak khasiat dan manfaat yang bisa dirasakan tubuh dengan berlari secara rutin setiap hari, khususnya pada pagi hari. Sebaiknya lari dilakukan setiap pagi yang berkisar antara jam 06.00 – 10.00. Berlari saat pagi hari bisa sebagai pemanasan bagi tubuh sebelum memulai aktivitas yang padat setelah semalaman tubuh beristirahat. Lari pagi membuat organ-0organ di dalam tubuh tidak kaget dalam menghadai kinerja sehari penuh.

Namun sayangnya, kegiatan lari pagi ini jarang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang karena aktivitas yang terlalu padat. Meski begitu, akan sangat baik bila dalam sehari disempatkan beberapa menit untuk melakukan lari, walaupun tidak pagi hari. Apalagi di zaman yang semuanya serba modern ini, olahraga simpel seperti lari bisa dilakukan di dalam ruangan dengan sebuah alat yang disebut treadmill. Dengan alat tersebut, waktu Anda untuk melakukan aktivitas lari bisa disesuaikan dengan kesibukan. Semuanya bisa diatur dan dilakukan dengan baik asalkan dilandasi dengan niat dan keinginan yang kuat.

5

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Olahraga murah meriah ini mampu memberikan efek positif jangka panjang bagi tubuh bila dilakukan secara rutin. Tidak perlu waktu lama, cukup beberapa menit saja asalkan dilakukan secara rutin setiap hari, maka hasilnya bagi kebugaran tubuh akan dirasakan. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat rajin melakukan olahraga lari.

  • Menghindari disfungsi organ bagi seseorang yang mampu membakar 3.000 kalori per minggu
  • Membuat istirahat dan tidur Anda menjadi lebih nyenyak karena organ-organ tubuh bekerja dengan baik setelah dipakai untuk berlari
  • Menyehatkan jantung karena mampu mengurangi kolesterol jahat, tekanan darah tinggi, dan gula darah di dalam tubuh.
  • Dapat memperkuat tulang lebih baik daripada olahraga aerobik lainnya
  • Memperindah bentuk tubuh, khususnya bagi wanita, karena lari mampu membakar lemak di dalam tubuh sehingga lemak bisa diproses lebih lanjut menjadi energi.
  • Melatih otak untuk berpikir cepat dan berkonsentrasi dengan lebih baik
  • Menjaga ketajaman daya ingat dan mengurangi risiko terjadinya demensia atau pikun di masa tua.
  • Menjaga tekanan darah dan kolesterol
  • Mampu memproduksi sel-sel pelindung tubuh dan membuat tubuh menjadi semakin kuat dalam melawan virus yang akan menyerang tubuh.
  • Mengurangi risiko terjangkit penyakit flu karena berlari mampu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Meningkatkan konsentrasi dan kekuatan otak dalam mengingat sesuatu serta mengatasi penurunan fungsi otak.

Dari uraian di atas sudah dapat disimpulkan bahwa manfaat olahraga lari bagi kesehatan sangatlah beragam. Olahraga yang bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan siapapun ini tidak butuh banyak biaya. Hal tersebut bisa jadi motivasi bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tidak selalu membutuhkan biaya yang banyak.

Related Posts