Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

 Kesehatan

Anda hobi bersepeda? Olahraga yang satu ini memang banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kegiatan bersepeda memang lebih cenderung disebut sebagai refreshing daripada olahraga. Tak banyak pula yang tahu bahwa manfaat bersepeda bagi kesehatan sangatlah banyak dan buka sekadar sebagai aktivitas menghilangkan stress saja. Bersepeda secara teratur sangat baik bagi kesehatan dan bahkan mampu mengobati berbagai macam penyakit. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, seseorang setidaknya membutuhkan olahraga selama kurang lebih 30 menit setiap hari. Dengan waktu yang relatif panjang tersebut, seseorang bisa mengisinya dengan olahraga bersepeda.

Bersepeda selain baik bagi kesehatan, baik pula untuk organ vital seperti otak dan pikiran. Sejak dulu bersepeda diyakini mampu menyehatkan jasmani dan rohani seseorang. Bersepeda tidak perlu menempuh jarak yang sangat jauh atau melalui jalan yang terlalu menanjak, cukup bersepeda dengan santai di sekitar lingkungan rumah setiap pagi sebelum memulai aktivitas. Suasana yang masih segar dan keadaan yang masih asri akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Tubuh yang bergerak seiring kayuhan pedal sepeda akan membuat otot-otot tidak kaku dan tidak kaget dipakai beraktivitas seharian. Di dunia yang serba canggih ini, bersepeda tidak harus keluar rumah dan berpanas-panasan. Anda bisa melakukan kegiatan olahraga dengan bantuan alat yang fungsinya sama dengan sepeda kayuh. Manfaat yang didapat juga sama karena gerakan tubuh sama, hanya tidak bebas berkeliling di luar rumah.

6

Manfaat bersepeda bagi kesehatan tidak bisa dianggap sepele, meski kegiatan bersepeda dianggap sebagai aktivitas yang mudah. Khasiat dan manfaat bersepeda bisa dirasakan oleh pria dan wanita, anak-anak hingga orang tua, dan berbagai kalangan. Berikut ini adalah manfaat bersepeda bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

  • Mencegah timbulnya penyakit tulang belakang dan sakit pada bagian punggung karena postur tubuh yang tegap dan rileks saat bersepeda sangat baik.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena infeksi dan serangan kuman atau bakteri penyakit lainnya.
  • Mengurangi stress mental karena bersepeda menimbulkan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Gerakan sikliknya mampu menstabilkan fungsi tubuh sehingga mampu melawan kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya.
  • Meningkatkan stamina tubuh karena merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang mampu menambah ketahanan tubuh.
  • Menjadikan otot lebih kuat karena selama mengayuh sepeda semua otot-otot tubuh, mulai dari otot kaki, perut, punggung, lengan dan bahu, bekerja dan diaktifkan.
  • Memperkuat sistem kerangka, yakni kepadatan dan kekuatan tulang.
  • Mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular karena rasa stress yang berkurang sehingga jantung menjadi lebih sehat.
  • Menurunkan tekanan darah sehingga mampu mencegah stroke.
  • Menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal, khususnya bagi wanita, karena bersepeda mampu membakar kalori tubuh dalam jumlah yang sangat tinggi.

Nah, ternyata manfaat bersepeda bagi kesehatan sangat banyak dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Bersepeda memang harus dilakukan setiap hari agar hasil yang dirasakan lebih maksimal. Dengan bersepeda, secara tidak langsung kita juga ikut menjaga kelestarian alam karena tidak menggunakan kendaraan bermotor yang bisa mencemari lingkungan. Untuk itu, mari bersepeda!

Related Posts