Pengertian Seminar Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Seminar merupakan salah satu bentuk diskusi yang banyak diselenggarakan untuk umum. Tak jarang pula seminar diadakan untuk tujuan-tujuan tertentu, misalnya saja penyuluhan mengenai suatu ilmu, pemecahan suatu permasalahan, bahkan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Sebenarnya apa itu seminar? Mengapa seminar bisa diselenggarakan dengan berbagai tujuan? Dan bagaimana pula pengertian seminar menurut para ahli? Hal ini penting untuk diketahui mengingat seminar saat ini telah menjadi kegiatan yang banyak diselenggarakan oleh berbagai organisasi atau komunitas. Bahkan banyak yang menjadikannya sebagai kegiatan rutin tahunan untuk memperingati hari-hari khusus.

                Istilah seminar bukanlah istilah asli dari bahasa Indonesia. Seminar berasal dari bahasa Latin seminarum yang bermakna tanah tempat menanam benih. Makna dari kata asal mungkin berbeda jauh dengan pengertian seminar yang kita ketahui dan pahami selama ini. Namun, bila dimaknai secara filosofi, yang dimaksud dengan menanam benih adalah memberikan ilmu kepada banyak orang. Secara lengkap seminar didefinisikan sebagai suatu kegiatan pertemuan atau persidangan yang bertujuan untuk membahas sebuah permasalahan yang dipimpin oleh ketua sidang, yang biasanya seorang guru besar atau ahli dalam bidang tertentu. Pengertian dari sumber berbeda, Wikipedia, menyebutkan bahwa seminar adalah suatu bentuk pengajaran akademis, baik dari suatu perguruan tinggi maupun dari sebuah organisasi tertentu.

6

                Pengertian seminar menurut para ahli banyak dijabarkan dalam berbagai sumber. Berikut ini adalah beberapa definisi seminar dari berbagai sumber tersebut yang telah dirangkum.

  • Seminar mempunyai fungsi menyatukan kelompok-kelompok kecil untuk melakukan pertemuan yang rutin dengan fokus pada beberapa topik tertentu.
  • Dalam dunia bisnis, seminar digunakan untuk menggambarkan acara komersial dimana delegasi diberikan informasi dan instruksi dalam berbagai topik yang didukung oleh para ahli di bidang tersebut.
  • adalah bentuk instruksi akademis yang biasanya terdapat di lembaga akademis atau diselenggarakan oleh sebuah organisasi komersial atau profesional.
  • Seminar adalah sebuah pertemuan yang mempunyai teknis dan akademis bertujuan melakukan pembelajaran menyeluruh mengenai topik tertentu dengan pemecahan masalah yang membutuhkan interaksi antara peserta seminar yang dimpimpin oleh seorang ahli.

                Seminar biasanya membahasa mengenai satu topik khusus yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat luas atau topik yang disesuaikan dengan hari-hari khusus yang sedang diperingati saat itu. Karena itulah, dalam seminar terdapat seorang ahli mengenai topik tersebut. Ahli yang ditunjuk sebagai pemateri bisa berprofesi sebagai dosen, guru besar, professor, ahli di bidang tertentu, atau juga seorang motivator. Pemilihan pemateri atau ahli tersebut tergantung pada skala seminar (regional, nasional, atau internasional), tema seminar, sasaran seminar, dan unsur-unsur seminar lainnya.

                Dalam pengertian seminar menurut para ahli termuat pula pihak-pihak yang harus ada dalam sebuah seminar. Pihak-pihak tersebut bisa disesuaikan dengan jenis seminar yang ingin diselenggarakan. Untuk seminar pada umumnya, pihak-pihak yang dimaksud adalah penyaji atau pemateri, moderator, pembawa acara, peserta, dan notulen. Kelima pihak tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing dalam pelaksanaan seminar. Keseluruhan pihak harus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik tanpa mengambil peran pihak lainnya agar seminar bisa berjalan dengan baik, lancar, sistematis, dan bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts