Pengertian Biografi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kata bipgrafi biasa kita temukan di bagian terakhir sebuah buku. Dalam bagian tersebut dituliskan mengenai kehidupan penulis buku mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan sebagainya yang disusun dengan bahasa menarik dan tidak membosankan. Namun, pahamkah Anda apa sebenarnya biografi itu? Definisi mengenai biografi bisa dipelajari di berbagai sumber, salah satunya dalam pengertian biografi menurut para ahli. Selain di halaman terakhir sebuah buku, biografi juga bisa ditemukan dalam buku-buku tebal yang keseluruhan isinya adalah biografi seorang tokoh atau orang terkenal. Apa bedanya kedua biografi tersebut?

                Biografi berasal dari bahasa Yunani bios yang bermakna hidup dan graphien yang bermakna tulis. Jadi, menurut asal katanya biografi bisa diartikan sebagai tulisan mengenai kehidupan seseorang atau sebuah riwayat hidup seseorang yang dituliskan. Di atas telah dikatakan bahwa biografi bisa berupa satu halaman terakhir di sebuah buku dan juga bisa berupa satu buku penuh. Perbedaannya adalah bila biografi ditulis dalam satu halaman terakhir di sebuah buku berarti biografi tersebut bercerita secara singkat mengenai penulis buku tersebut. Sedangkan bila biografi ada dalam satu buku utuh berarti biografi itu merupakan kisah hidup seorang tokoh atau orang terkenal yang dikupas secara lengkap mulai dia lahir hingga tumbuh dewasa, bahkan kematiannya (bila sudah meninggal).

9

                Selain bentuk buku, biografi juga bisa dipublikasikan dalam bentuk film, program televisi, cerita di radio, dan sebagainya. asalkan berupa kisah atau keterangan kehidupan seseorang yang bersumber dari kenyataan sejak ia lahir, maka hal itu bisa disebut dengan biografi. Pengertian biografi menurut para ahli sangatlah luas karena berhubungan dengan kehidupan seseorang. Biografi menganalisis dan menerangkan kejadian dalam kehidupan seseorang dengan lugas dan jujur. Gaya bercerita dalam biografi bisa berupa deskripsi biasa mengenai keseluruhan hidup seseorang secara utuh atau bisa juga dikemas dengan gaya bahasa sastra yang menarik dan apik, dalam sebuah puisi misalnya. Biografi memang sengaja ditulis untuk memberikan kesan yang baik dan mendalam mengenai tokoh yang diceritakan.

                Biasanya hal-hal yang selalu ditonjolkan dalam sebuah biografi tokoh adalah riwayat hidupnya berupa biodata lengkap, aktivitas-aktivitas yang pernah dilakukan termasuk riwayat pekerjaannya, prestasi-prestasi yang pernah diraih, dan sikap serta pemikirannya yang bisa diteladani oleh pembaca. Hal-hal positif yang ditonjolkan dalam sebuah biografi bertujuan untuk memotivasi pembaca agar bisa belajar dari tokoh yang diulas. Terkadang keburukan juga ditulis dengan maksud untuk memberikan gambaran pembelajaran dan pengalaman yang tak patut untuk ditiru.

                Dalam menulis biografi, dibutuhkan benda-benda pendukung untuk menyatakan kebenarannya. Apalagi bila tokoh yang akan ditulis biografinya telah meninggal, benda-benda tersebut sangat diperlukan untuk melengkapi keterangannya. Benda-benda yang dimaksud bisa berupa, foto, surat, buku harian, ijazah, kliping berita di media massa, video, dan hal-hal lain yang bisa mendukung. Benda pendukung tersebut bisa dijadikan bukti konkret yang bisa dipertanggungjawabkan. Hal tersebut sesuai dengan pengertian biografi menurut para ahli yang menyebutkan bahwa biografi yang ditulis harus jujur, asli, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts