Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Uang memang bukan segala-galanya, tetapi segala-galanya membutuhkan uang. Uangkapan itu sering sekali kita dengar. Ungkapan yang mencerminakn bahwa uang bisa menjadi raja di kehidupan manusia. Namun, memiliki uang yang banyak saja tidak cukup karena uang akan habis dalam waktu yang tidak lama bila tidak dijaga dan dikelola dengan baik. Lalu, bagaimana caranya agar uang yang kita miliki bisa bertahan lebih lama dan bahkan bertambah? Untuk itulah manusia membutuhkan ilmu yang dinamakan manajemen keuangan dalam hidupnya. Setiap orang perlu mempelajari ilmu mengenai hal tersebut, termasuk dengan memahami pengertian manajemen keuangan menurut para ahli agar lebih mantap.

                Pengertian manajemen keuangan menurut para ahli bisa dilihat dalam berbagai bidang ilmu. Dalam ilmu ekonomi, manajemen keuangan merupakan pengaturan sistematis mengenai fungsi-fungsi keuangan. Manajemen keuangan juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau perusahaan untuk mendapatkan sumber modal sesedikit mungkin dan mengelolanya dengan efektif, efisien, dan produktif untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. Fungsi-fungsi keuangan yang dimaksud dalam pengertian di atas mencakup cara mendapatkan modal, cara menggunakan atau mengelola modal tersebut, dan cara memanfaatkan hasil dari keuntungannya. Jika sudah mampu melaksanakan ketiga fungsi tersebut dengan baik, bisa dikatakan bahwa manajemen keuangan yang diatur sudah berhasil. Memang tidak miudah, tetapi dengan niat dan usaha yang keras tiap fungsi tersebut bisa dijalani dengan maksimal.

5

                Selain pengertian di atas, ada pula beberapa pengertian manajemen keuangan menurut para ahli. Pengertian-pengertian tersebut diungkapkan oleh para pakar terkait dengan keuangan sebagai salah satu bagian dari sistem ekonomi.

  • Menurut Sonny, S., manajemen keuangan adalah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan cara memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelolanya sesuai dengan tujuan.
  • Menurut Liefman, manajemen keuangan adalah usaha untuk menyediakan dan menggunakan uang untuk mendapat aktiva.
  • Menurut Howard & Upton, manajemen keuangan adalah penerapan fungsi perencanaan dan pengendalian fungsi keuangan.
  • Menurut Agus Sartono, manajemen keuangan adalah manajemen dana, baik berupa pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.
  • Menurut Suad Husnan, manajemen keuangan adalah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.
  • Menurut JF. Bradley, manajemen keuangan adalah manajemen bisnis untuk penggunaan model secara bijaksana dan seleksi yang saksama dari sumber modal untuk melakukan pengeluaran demi tujuan tertentu.
  • Menurut Bambang Riyanto, manajemen keuangan adalah aktivitas perusahaan, yakni usaha mendapatkan dana dengan biaya minimal, syarat-syarat yang menguntungkan, dan usaha untuk menggunakan dana tersebut sebaik mungkin.
  • Menurut Brigham dan Houston, manajemen keuangan adalah bidang terluas dari tiga bidang keuangan yang memiliki kesempatan karir yang luas.
  • Menurut Sutrisno, manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan, meliputi usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya murah, usaha untuk menggunakannya, dan menggunakan dana tersebut secara efisien.
  • Menurut James Van Horne, manajemen keuangan adalah aktivitas yang berkenaan dengan perolehan, pendanaan, dan pengelolaan aktiva dengan tujuan tertentu.
  • Menurut J. L. Massie, manajemen keuangan adalah kegiatan operasional bisnis untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan seefektif dan seefisien mungkin.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts