Penyakit Albuminuria, Pencegahannya, Ciri – Ciri Gejalanya, Dan Pengobatannya

 Kesehatan

Penyakit Albuminuria, Pencegahannya, Ciri – Ciri Gejalanya, Dan Pengobatannya – Penyakit albuminuria merupakan jenis penyakit yang mengganggu organ ginjal. Penyakit albuminuria adalah ditemukannya albumin di dalam urin. Albumin termasuk kedalam golongan protein, disamping elastin, keratin, kolagen, globulin, dll. Di dalam darah manusia, albumin lah yang paling tinggi kadarnya. Dalam keadaan normal, albumin tidak ditemukan di dalam urin . Albuminuria disebabkan oleh kerusakan pada bagian glomerulus. Albumin sendiri adalah salah satu protein yang di sintesa oleh hati, yang berperan dalam hal menjaga tekanan onkotik plasma agar tetap stabil. Secara normal , protein albumin tidak dikeluarkan melalui ginjal, jika sekiranya terdapat gangguan pada fungsi ginjal terutama pada membrane glomerulusnya , maka albumin tidak terfiltrasi dan dapat di keluarkan bersama – sama dengan urin . Adanya protein albumin di dalam urine di sebut juga dengan albuminuria.

111

Penyakit albuminuria, pencegahannya, ciri- ciri gejalanya, dan pengobatannya. Gejala – gejala yang timbul saat seseorang mengalami penyakit albuminuria adalah :

1). Wajah, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan perut mengalami pembengkakan. Hal itu terjadi karena system pembuangan hasil metabolism tubuh tidak dikeluarkan dengan sempurna.

2). Terjadinya pembengkakan di bagian – bagian tubuh tertentu

3). Khusus pada penderita diabetes yang sangat beresiko terkena penyakit albuminuria ini sebaiknya rutin mengecek kesehatannya.

4). Hasil tes urin menunjukkan adanya kandungan protein albumin pada urin, hal ini menunjukkan bahwa albuminuria yang di derita sudah tergolong membahayakan dan parah.

Penyakit albuminuria, pencegahannya, ciri – ciri gejalanya, dan pengobatannya. Komplikasi albuminuria meliputi yaitu :

1). Edema part karena overload cairan

2). Peningkatan risiko penyakit kardiovaskular

3). Gagal ginjal akut akibat penipisan intravascular

4). Peningkatan risiko infeksi bakteri,

5). Peningkatan risiko trombosit arteri dan vena

Penyakit albuminuria, pencegahannya, ciri – ciri gejalanya, dan pengobatannya. Penyebab penyakit albuminuria yaitu :

1). Kalsium, asupan protein, dan vitamin c berlebihan membuat glomerulus haru bekerja lebih keras.

2). Kekurangan asupan air di dalam tubuh, jadinya memperberat kerja ginjal.

3). Penyakit yang ditandai oleh kerusakan saringan ginjal dapat menyebabkan penyakit albuminuria. Penyakit tersebut misalnya, gagal jantung, tekanan darah tinggi, sindrom nefrotik, diabetes, nefritis, dll.

4). Albuminuria juga dapat terjadi pada keadaan – keadaan seperti olahraga yang sangat berat, infeksi saluran kemih atau saat demam tinggi.

Penyakit albuminuria, pencegahannya, ciri – ciri gejala ,dan pengobatannya. Upaya pencegahan untuk mengurangi resiko terjadinya albuminuria yaitu :

1). Tidak mengkonsumsi hanya salah satu zat gizi saja secara berlebihan artinya makanan yang kita makan harus seimbang

2). Membiasakan diri meminum air 8 gelas per hari.

Penyakit albuminuria, pencegahannya, ciri – ciri gejala dan pengobatannya. Pengobatan albuminuria yaitu dengan mengendalikan atau menyembuhkan penyakit dasarnya. Jika penyakit albuminurianya karena diabetes maka penyakit diabetes harus di kendalikan sehingga kadar gula dalam darah berada dalam rentang normal, dan mengurangi derajat albuminuria dengan pemberian diuretic dosis kecil dan pembatasan asupan protein ( 0,6 – 0,8 gram / kg berat badan per hari.

Related Posts