Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebagai sebuah negara yang pasti butuh bantuan dan pengakuan dari negara lain, Indonesia juga melakukan perjanjian Internasional dengan negara-negara lain yang mau bekerja sama. Kerjasama yang dilaksanakan bisa dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, olahraga, kesehatan, kebudayaan, kepedulian terhadap anak dan wanita, serta bidangbidang yang lainnya. Untuk itu, sebagai rakyat Indonesia yang mengaku cinta tanah air, sudah sepatutnya kita memahami konsep pengertian perjanjian Internasional menurut para ahli. Tujuannya sederhana, agar kita bisa ikut andil dalam membantu kelangsungan hubungan Internasional yang baik antara Indonesia dengan negara-negara lainnya. Bila tercipta hubungan Internasional yang baik, banyak keuntungan yang bisa kita rasakan, terutama jika bencana atau hal buruk menimpa negara kita.

                Sesungguhnya apa itu perjanjian Internasional? Secara umum, perjanjian Internasional adalah sebuah perjanjian atau kesepakatan yang dibuat di bawah hukum Internasional yang melibatkan dua atau lebih subjek hukum sehingga terdapat hak dan kewajiban bagi para pihak yang terlibat. Perjanjian Internasional yang dibuat bisa berbentuk perjanjian bilateral dan perjanjian multilateral. Perjanjian bilateral adalah perjanjian Internasional yang dibuat oleh dua negara saja sebagai pihak yang terlibat. Sedangkan perjanjian multilateral adalah perjanjian Internasional yang dibuat oleh lebih dari dua negara atau banyak negara yang saling menjalin kerjasama antarnegara yang terlibat di dalamnya.

7

                Selain kedua jenis perjanjian Internasional di atas, masih banyak lagi pembagian jenis-jenis perjanjian Internasional berdasarkan struktur, objek, cara berlaku, dan instrumennya. Kita bahas satu per satu sebelum menginjak ke pengertian perjanjian Internasional menurut para ahli. Berdasarkan strukturnya, perjanjian Internasional dibagi menjadi perjanjian bersifat law making dan perjanjian bersifat kontrak. Perjanjian bersifat law making adalah perjanjian yang di dalamnya terkandung kaidah hukum yang berlaku secara universal, sedangkan perjanjian bersifat kontrak adalah perjanjian yang hanya berakibat pada pihak-pihak yang menjalin kesepakatan. Berdasarkan objeknya, perjanjian Internasional dibagi menjadi perjanjian yang bertopik politik dan perjanjian yang bertopik non-ekonomi, seperti kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Berdasarkan cara berlakunya, perjanjian Internasional dibagi menjadi bersifat self executing, berlaku dengan sendirinya) dan bersifat non-self executing (berlaku dengan membutuhkan ratifikasi). Berdasarkan instrumennya, perjanjian internasional dibagi menjadi perjanjian tertulisn dan perjanjian lisan.

                Untuk melengkapi berbagai jenis perjanjian Internasional di atas, berikut ini adalah pengertian perjanjian Internasional menurut para ahli. Definisi yang dipaparkan di bawah ini selain disebutkan oleh para pakar, juga dikemukakan dalam berbagai kesepakatan Internasional.

  • Menurut Konvensi Wina, perjanjian Internasional adalah perjanjian dua negara atau lebih dengan tujuan mengadakan akibat-akibat hukum tertentu.
  • Menurut Piagam Mahkamah Internasional, perjanjian Internasional adalah sesuatu yang mengandung ketentuan-ketentuan hukum yang diakui tegas oleh negara-negara yang bersangkutan.
  • Menurut G. Schwarzenberger, perjanjian Internasional adalah suatu subjek hukum Internasional yang menimbulkan kewajiban mengikat dalam hukum Internasional, berbentuk bilateral maupun multilateral.
  • Menurut Mohctar Kusumaatmadja, SH, perjanjian Internasional adalah perjanjian antaranggota masyarakat bangsa-bangsa dengan tujuan menimbulkan akibat hukum tertentu.
  • Menurut Oppenheim Lauterpacht, perjanjian Internasional adalah persetujuan antarnegara yang mengakibatkan hak dan kewajiban antara pihak tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts