Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

 Kesehatan

Kelebihan lemak tubuh atau kegemukan merupakan momok paling menakutkan, terutama bagi wanita. Beragam cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, bahkan tak jarang para kaum hawa menggunakan produk-produk dan obat-obatan berbahaya untuk mewujudkan keinginan memiliki tubuh ideal. Mereka seakan tidak peduli dengan risiko yang tengah menunggunya di kemudian hari. Padahal ada banyak cara sehat yang bisa ditempuh, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami misalnya. Salah satunya dengan memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk diet atau menurunkan berat badan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis kerap kali digunakan untuk menjalani prosesi diet yang alami tanpa perlu lagi mengonsumsi obat-obatan berbahaya.

Jeruk nipis memiliki nama Latin Citrus Aurantifolia. Buah yang memiliki bentuk fisik bulat kecil berwarna hijau atau kuning ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat melimpah. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan vitamin C pada jeruk nipis lebih besar dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya. Selain vitamin C, jeruk nipis juga mengandung senyawa lainnya seperti zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino, dan asam sitrat. Di dalam jeruk nipis juga terkandung zat kimia bernama limonim yang mampu mencegah sel-sel pada hati menghasilkan zat apo b yang merupakan senyawa yang berkaitan dengan kolesterol dalam tubuh. Zat apo b inilah salah satunya yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kegemukan. Apabila produksi zat apo b terlalu banyak, maka tingkat kolesterol dalam tubuh akan semakin banyak pula.

7

Manfaat jeruk nipis untuk diet bisa didapat bila Anda meeramunya dengan tepat. Untuk mengonsumsi jeruk nipis bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara termudah adalah dengan meminumnya, bisa dengan air biasa atau dengan air hangat. Caranya adalah dengan mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dan diminum secara rutin setiap pagi. Senyawa pada jeruk nipis akan menstimulasi kinerja usus sehingga bisa terhindar dari gangguan pencernaan. Segala macam racun dan lemak akan hancur dan terbuang bersamaan dengan proses buang air besar. Selain itu, jeruk nipis juga mampu membantu proses pengosongan lambung karena kandungan polisakarida non-pati yang ada di dalamnya berfungsi sebagai serat makanan. Karena itu, jeruk nipis bisa mempertahankan rasa kenyang, menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jeruk nipis juga mampu membunuh bakteri dan mengecilkan pori-pori.

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk diet selain meminumnya dengan air hangat. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.

  • Membuat minuman dengan campuran jeruk nipis, teh hijau, cuka sari apel, dan madu. Diinum secara teratur 2 kali sehari.
  • Setiap bangun tidur minumlah campuran perasan jeruk nipis, air hangat, dan madu untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Untuk hasil diet yang lebih maksimal, campurkan teh hijau dengan jeruk nipis dan diminum 2 kali sehari secara teratur.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah imbangi kebiasaan mengonsumsi jeruk nipis dengan olahraga secara teratur. Tubuh yang bergerak secara teratur akan membantu segala proses pencernaan dan kinerja organ di dalam tubuh.

Related Posts