Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

 Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar mengenai minyak zaitun? Minyak yang dikenal memiliki berbagai macam khasiat ini memang telah banyak dikenal. Selain bisa digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan. Dalam memasak dengan minyak zaitun juga tidak boleh sembarangan agar kandungan senyawa-senyawa di dalamnya tidak rusak. Minyak zaitun disarankan untuk tidak dipanaskan, kalaupun dipakai untuk menumis harus menggunakan api kecil dan tidak terlalu lama. Selain untuk keperluan memasak, minyak zaitun juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti kesehatan kulit, wajah, dan bahkan kesehatan rambut. Manfaat minyak zaitun untuk rambut sangatlah beragam. Berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai hal tersebut.

Minyak zaitun memang memiliki popularitas yang lebih bila dikaitkan dengan produk kecantikan. Hal tersebut mencakup kecantikan wajah, kulit, dan juga rambut. Minyak zaitun memiliki kandungan nutrisi yang melimpah sehingga manfaatnya pun ikut beragam. Untuk perawatan rambut, minyak zaitun berfungsi untuk menjaga kesehatan dan keindahannya. Segala keluhan pada berbagai jenis rambut bisa diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Manfaat-manfaat dari minyak zaitun tersebut untuk kesehatan rambut Anda adalah sebagai berikut.

8

  • Untuk rambut kering, minyak zaitun bisa melembabkannya dengan cara dioleskan ke seluruh rambut malam hari sebelum tidur. Didiamkan selama semalam, keesokan harinya bilas rambut dengan sampo.
  • Mengatasi rambut yang berketombe.
  • Mengurangi rambut rontok dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
  • Memberikan nutrisi pada kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Memperkuat akar rambut dan membuatnya terlihat lebih bersinar.
  • Menghilangkan kekakuan dan kekusaman pada rambut sehingga rambut menjadi lebih lembut dan terluhat lebih kemilau.
  • Membantu melawan segala efek samping yang timbul akibat penggunaan semprotan atau gel rambut.
  • Mencegah dan mengurangi munculnya uban dan mempertahankan warna alami rambut.

Berbagai macam khasiat di atas bisa Anda dapatkan bila diaplikasikan secara teratur dan menggunakan minyak zaitun murni. Selain manfaat minyak zaitun untuk rambut, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Untuk wajah, bisa dengan cara mengoleskan secara langsung agar memberikan manfaat melembabkan kulit yang kering dan kasar. Namun, penggunaan minyak zaitun untuk wajah tidak disarankan untuk kulit berminyak karena akan merangsang timbulnya jerawat. Minyak zaitun juga bisa dipakai untuk scrubbing dengan cara mencampurnya dengan gula pasir lalu sapukan dan pijat dengan lembut di wajah, setelah itu bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Minyak zaitun bisa pula diaplikasikan pada bibir untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Masih dalam bahasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut. Kali ini akan dipaparkan mengenai cara pembuatan kondisioner rambut dengan menggunakan minyak zaitun. Proses pembuatannya sangat mudah dan sederhana. Pertama, panaskan minyak zaitun dalam microwave selama 20 detik. Kedua, taruh sedikit minyak zaitun di telapak tangan, usapkan dan pijatkan secara merata dari batang hingga akar rambut. Ketiga, rapikan rambut dan tutup dengan plastik. Keempat istirahatkan rambut kurang lebih selama 30 menit agar nutrisinya meresap ke dalam kulit kepala dan rambut. Kelima, bilas rambut dengan sampo sampai bersih. Lakukan secara rutin seminggu 2 kali dan Anda akan melihat hasilnya.

Related Posts