Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Tahukah Anda apa itu dimensi? Kata dimensi sering dipakai di beberapa bidang ilmu. Dalam matematika dan fisika kita mengenal dimensi yang merujuk pada ruang sebuah bangun, seperti : balok, kubus dsb. Selain itu dimensi juga dikenal dalam seni rupa. Kata dimensi kini banyak digunakan di berbagai ilmu lain juga. Nah, lalu apa sih sebenarnya dimensi itu? Yuk, simak baik-baik Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli.

Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli. Dimensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ukuran yang meliputi: panjang,luas, tinggi, lebar, dan sebagainya. Dari pengertian ini dimensi kurang lebih sama seperti dimensi yang digunakan untuk matematika maupun fisika. Sedangkan dalam filsafat, dimensi adalah sebuah sistem yang mengukur gerak bebas. Maksudnya, kita dapat membedakan sebuah benda melalui gerak bebasnya. Dimensi nol jika sebuah benda tidak bergerak kemana pun. Contohnya adalah titik. Kenapa titik disebut sebagai dimensi nol? Karena titik tidak memiliki gerak bebas. Titik ini bisa diibaratkan seperti berkedip yaitu antara ada dan tidak ada.

5

Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli. Jika dimensi nol mungkin masih tampak asing untuk Anda. Tapi Anda pasti pernah mendengar dimensi dua atau bisa dibalik dengan menyebutkan dua dimensi. Anda juga tentunya telah mengenal dimensi tiga kan? Tapi sebelumnya, kita bahas dulu dari dimensi satu ya.

  1. Dimensi satu

Dimensi satu adalah ketika benda dapat bergerak ke kanan dan ke kiri. Garis adalah contoh dari dimensi satu ini karena garis masih terbatas ruang geraknya.

  1. Dimensi dua

Dimensi dua adalah yang memungkinkan benda bergerak bebas ke kanan dan ke kiri juga atas dan bawah. contoh dari dimensi dua ialah bangun ruang, seperti : kubus, balok, segitiga, limas, dan sebagainya yang tetap memliki gerak bebas di kertas.

  1. Dimensi tiga

Dimensi ini mempuyai tinggi, panjang, dan juga lebar. Gerak menjadi lebih bebas dalam dimensi tiga. Kita dapat bergerak ke kiri dan kanan, atas dan bawah dan juga ke depan maupun belakang. Contoh dimensi tiga adalah tempat kita hidup. Manusia juga merupakan dimensi tiga ditambah waktu.

Dari Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli tersebut, benarkah  dimensi hanya sampai pada dimensi tiga saja? Ada yang bilang bahwa ruang waktu merupakan dimensi empat. Teori ini popular dan dipelopori oleh ilmuwan terkenal Albert Enstein, menurut Ensteinlah kita mengetahui kalu saebenarnya ruang dan waktu itu saling berkaitan. Herman Minkowski juga mengatakan :”Jika hanya ada ruang saja, atau waktu saja, keduanya akan meluruh tak lebih hanya sekadar bayang-bayang. Tapi jika keduanya menyatu, barulah ada kenyataan.” Namun ada juga pendapat bahwa dimensi empat adalah  alam yang berada di luar dimensi tiga. Alam metafisis bisa menjadi contohnya, yaitu alam yang tetap berada di dunia ini namun tak bisa dilihat oleh manusia biasa. Hanya orang dengan kelebihan tertentu atau berindera keenamlah yang bisa masuk ke alam lain tersebut. Kira-kira yang manakah yang menurut Anda masuk akal, meyakini ruang dan waktu sebagai dimensi empat seperti Enstein atau justru alam lain yang lebih Anda percaya? Anda bebas untuk memilih.

Related Posts