Pengertian dan Fungsi Switch

 Pengetahuan

Dapatkah anda mendefinisikan pengertian dan fungsi switch? Agar anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, simaklah pembahasan berikut! Switch didefinisikan seperti alat penghubung jaringan yang sama / sejenis dengan bentuk permukaan yang berbeda – beda atau sama. Menyinggung kata switch, berarti kita membahas ilmu dalam dunia komputer. Karena jaringan – jaringan yang dimaksud pada definisi diatas, adalah jaringan komputer.

Penulisan artikel dengan judul pengertian dan fungsi switch ini dibuat dengan tujuan yang salah satu nya adalah agar anda memahami perangkat – perangkat yang ada dalam jaringan komputer anda, tidak hanya menggunakannya saja, tanpa mengetahui ilmunya. Agar tidak membingungkan pembaca, penulis akan meringkas pengertian dari switch. Switch adalah alat penghubung pada jaringan komputer yang bertugas untuk menerima dan mengirimkan data dari suatu sumber komputer ke komputer tujuan. Peranan switch dalam komuter tidak berbeda jauh dengan hub, hanya saja switch memiliki sifat yang lebih cerdas dibandingkan dengan hub, karena switch mampu mengenali alamat data yang harus ditransmisiskan (dikirimkan dan diteruskan). Switch memiliki dua tipe, yaitu ; switch layer 2 yang bekerja pada datalink model OSI, bedasarkan teknologi bridging dan switch layer 3 yang membangun koneksi antar bedasarkan alamat MAC. Mengenai pengertian dan fungsi hub sudah kita jabarkan di pembahasan sebelumnya. Untuk lebih memahami pengertian switch dalam jaringan komputer, kami akan jabarkan mengenai fungsi switch sebagai berikut :

8

  1. Sesuai dengan pengertiannya, switch berfungsi untuk memepermudah pengguna komputer dalam proses pengiriman dan penerimaan data dari komputer sumber ke komputer lainnya.
  2. Switch berfungsi untuk menghindari terjadinya kesalaahan dalam koneksi kabel port. Dalam hal ini, switch akan menutup atau memblok salah satu port yang terkoneksi / tersambung.
  3. Switch berfungsi sebagai penyaring data
  4. Switch berfungai untuk mempelajari Mac address dari perangkat yang terkoneksi dengan switch tersebut. Dengan mempelajari Mac address, switch pada jaringan komputer berperan sebagai address learning
  5. Switch memiliki fungsi yang sangat baik dalam mengatur lalu lintas data jaringan, sehingga jika switch mengalami masalah, keseluruhan koneksi jaringan dan transfer data dipastikan akan terganggu. Hal ini, jelas menimbulkan dampak yang sangat besar bagi kenyamanan hidup orang banyak. Mengapa? Karena, tanpa jaringan komputer, dipastikan aktifitas manusia akan terhenti. Jadi, benar tidak nya switch dalam jaringan komputer, memberikan dampak bagi kehidupan mahluk hidup.
  6. Switch berfungsi sebagai jembatan karena memiliki sebuah porta, yang mempermudah pengguna komputer dalam menghubungkan komputer pada satu area terbatas

Setelah membaca artikel di atas, sudah bisakah anda mendefiniskan pengertian dan fungsi switch? Dapat dikatakan, switch memiliki fungsi dan peranan yang cukup penting dalam jaringan komputer. Seperti yang sudah disebutkan, terganggunya switch dalam menjalankan tugasnya akan mengganggu kinerja komputer juga, jadi ada baiknya kita melakukan pencegahan yang dapat merusak kinerja switch pada jaringan komputer kita. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk melihat kinerja pada switch apakah masih bagus / tidak switch tersebut adalah dengan melihat lampu indicator, jika lampu mati ada kemungkinan terjadi kerusakan pada switch. Penulis berharap penulisan artikel kali ini memberikan banyak manfaat dan juga menambah wawasan berupa ilmu pengetahuan yang berguna untuk anda yang membaca artikel ini.

Related Posts