Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah perusahaan merupakan istilah yang tidak asing bagi kita. Apalagi saat ini telah banyak bermunculan perusahaan-perusahaan kecil di masyarakat. Semakin berkembangnya sebuah perusahaan, maka semakin banyak pula tenaga kerja yang akan terserap. Kata perusahaan merupakan istilah yang diartikan dari bahasa Inggris ‘enterprise’  yakni satu atau lebih unit-unit usaha yang disebut pabrik atau bedriff (bahasa Belanda). Sudah banyak buku dan sumber yang memuat mengenai pengertian perusahaan menurut para ahli, sehingga kita bisa lebih mudah mempelajarinya. Secara umum, perusahaan diartikan sebagai suatu lembaga yang diorganisasikan dan dijalankan untuk menyediakan barang atau jasa untuk masyarakat dengan motif atau insentif keuntungan. Selain sebagai lembaga, perusahaan juga bisa dianggap sebagai suatu wadah yang diorganisasikan, didirikan, dan diterima dalam tata kehidupan masyarakat.

                Dari pengertian di atas, diketahui bahwa perusahaan dibuat untuk mendapatkan keuntungan. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan dalam upayanya mencari laba tersebut harus berani menanggulangi risiko atau rugi. Dalam ilmu ekonomi, perusahaan dibedakan antara  pengertian perusahaan dan unit usaha. Unit usaha adalah jenis usaha, tempat memproduksi atau membuat barang, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya disebut juga pabrik. Sedangkan perusahaan lebih menitikberatkan pada semua pengelolaan usaha, termasuk keuangan, produksi, dan pemasaran.

2

                Selain pengertian secara umum, ada juga pengertian perusahaan menurut para ahli. Beberapa pengertian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Molengraaff, perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar untuk memperoleh penghasilan dengan cara memperdagangkan atau menyerahkan barang atau mengadakan perjanjian perdagangan.
  • Menurut Kansil, perusahaan adalah badan usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara indonesia untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.
  • Menurut Murti Sumarni, perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
  • Menurut Swastha dan Sukotjo, perusahaan adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
  • Menurut Much Nurachmad, perusahaan adalah bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang mempekerjakan pekerja dengan membayar upah atau imbalan.

Berdasarkan jenisnya, perusahaan dapat dibagi menjadi tiga, yakni perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Perusahaan manufaktur, mengubah input dasar menjadi produk yang dijual kepada masing-masing pelanggan. Perusahaan dagang, menjual produk ke pelanggan, namun produknya tidak diproduksi sendiri, melainkan membelinya dari perusahaan lain. Dengan kata lain, perusahaan dagang mempertemukan produk dengan pembeli. Perusahaan jasa, menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.

Demikian sekilas pengetahuan dan pembelajaran mengenai pengertian perusahaan menurut para ahli. Semoga bisa berguna bagi Anda dan menambah pengetahuan Anda engenai konsep dan pengertian perusahaan. Mengingat semakin berkembangnya konsep perusahaan dari waktu ke waktu, Anda juga harus mengikuti perkembangan ilmunya. Belajar tidak pernah meninggalkan kesan yang buruk dan merugikan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts