Manfaat Shalat Tahajud

 Kesehatan

Sebagai salah satu shalat sunnah, shalat tahajud memang merupakan shalat yang diutamakan dan disarankan untuk rutin dikerjakan oleh umat Islam. Shalat tahajud adalah salah satu dari shalat qiyaumul lail atau shalat malam yang dilaksanakan setelah bangun tidur di tengah malam. Itulah sebabnya, shalat tahajud memiliki arti terbangun malam. Manfaat shalat tahajud bisa dirasakan oleh setiap muslim yang memiliki ketetapan hati untuk istiqamah dan sabar dalam menjalani ibadah shalat malam ini. Umumnya orang hanya menganggap bahwa shalat tahajud hanya bisa dilaksanakan pada 1/3 malam saja, tetapi shalat ini bisa dijalankan mulai dari ba’da isya hingga menjelang subuh. Namun, ada pembagian kadar dari waktu tersebut.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa melaksanakan shalat tahajud atau shalat malam merupakan tradisi orang-orang saleh sebagai sarana untuk mendejatkan diri kepada Allah, mencegah perbuatan dosa, menghapus kesalahan, dan mencegah segala jenis penyakit dari tubuh. Dari sabda tersebut sudah bisa diketahui khasiat dan manfaat dari rutin melakukan shalat tahajud bagi kesehatan dan diri kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat shalat tahajud bagi siapapun yang menjalankannya secara rutin dan istiqamah.

4

  • Mendapatkan Sembilan kemuliaan sebagai hamba Allah SWT dengan rincian 5 kemuliaan di dunia dan 4 kemuliaan di akhirat.
  • Untuk menjaga kesehatan karena shalat tahajud dipercaya ampuh sebagai terapi pengobatan terbaik dari berbagai macam penyakit.
  • Dapat meningkatkan produktivitas kerja yang berbasis spiritualitas atau keagamaan. Basis tersebut bisa meningkatkan sumber daya manusia yang andal secara intelektual, emosional, dan spiritual.
  • Terwujudnya rasa aman dan mempercepat tercapainya cita-cita karena doa yang teriring saat shalat tahajud akan lebih diutamakan dan menjadikan jiwa lebih tenteram.
  • Membuat kita terlihat lebih tampan dan lebih cantik, tak hanya dari segi fisik, melainkan juga batin dan psikis kita menjadi lebih baik lagi.
  • Shalat tahajud yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh mampu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga sulit untuk dihinggapi bakteri, virus, dan segala kuman penyebab penyakit.

Selain manfaat shalat tahajud di atas, ada lagi tiga manfaat utama dari shalat tahajud. Pertama, shalat tahajud membawa kita ke tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Kedua, shalat tahajud merupakan suatu ritual shalat yang mujarab dan ampuh untuk mengantarkan doa dan harapan. Ketiga, merajut kedekatan dengan sang Illahi rabbi. Ketiga manfaat tersebut menjadi motivasi utama setiap umat untuk rutin melakukan shalat tahajud. Sejumlah riset mengemukakan bahwa dampak rasa tenteram dan bahagia yang didapat dari shalat tahajud sangatlah besar. Rasa bahagia yang timbul bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi bagi kehidupan, misalnya lebih produktif, lebih kreatif, lebih sabar, dan lebih ulet. Dalam zaman yang serba carut marut ini, ketenteraman sangat dibutuhkan agar rutinitas bisa berjalan dengan baik. Hati yang tenteram dan bahagia akan membuat segala pekerjaan menjadi lebih maksimal dan lebih baik lagi. Semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah SWT yang selalu ingat menjalankan segala perintah-Nya. Amin.

Related Posts