Manfaat Buah Jeruk Lemon bagi Kesehatan

 Kesehatan

Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang umum dikonsumsi dengan cara dijus. Jeruk lemon memiliki rasa yang masam sehingga jarang dikonsumsi secara langsung layaknya buah jeruk biasa. Meski berasa masam dan jarang dikonsumsi langsung, ternyata jeruk lemon memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin dan nutrisinya tidak bisa disepelekan. Manfaat buah jeruk lemon bagi kesehatan sebenarnya sudah bukan hal baru lagi. Sebenarnya jeruk lemon tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, melainkan juga untuk kecantikan. Tak sedikit orang yang memanfaatkan jeruk lemon sebagai masker atau campuran air saat mencuci muka.

Jeruk lemon dikenal sebagai buah yang kaya akan zat anti bakteri dan antivirus. Selain itu, jeruk lemon juga dikenal mampu meningkatkan stamina karena mengandung asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pectin, dan limonene yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Lemon memang lazim dikonsumsi sebagai minuman jus yang menyegarkan atau perasan air lemon hangat. Cara mengonsumsi seperti itu bisa semakin menambah khasiat dari jeruk lemon bila ditambahkan dengan bahan-bahan alami seperti madu alami, susu segar, daun mint, dan bahan-bahan alami lainnya. Namun, tak menutup kemungkinan pengolahan yang salah bisa jadi membuat khasiat dan kandungan nutrisi pada jeruk lemon akan rusak. Oleh sebab itu, perhatikan cara pengolahannya agar idak merusak manfaat di dalamnya. Paling aman adalah mengonsumsinya secara langsung.

5

Manfaat buah jeruk lemon bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut ini adalah paparan mengenai khasiat dan manfaat dari mengonsumsi buah jeruk lemon secara rutin.

  • Membantu meringankan sakit gigi dan menyembuhkan radang gusi.
  • Membantu menurunkan berat badan atau diet karena kandungan serat pectin yang mampu memberikan rasa anti lapas.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C untuk mengobati flu, asam karbonat yang menunjukkan efek anti-inflamasi (anti peradangan), dan saponin yang bersifat antimikroba.
  • Sebagai penyeimbang keasaman atau Ph tubuh karena lemon bersifat basa dan ketika masuk ke dalam tubuh berperan sebagai alkalize darah.
  • Membantu pergerakan usus dengan mengonsumsi air lemon hangat secara teratur.
  • Melancarkan saluran pencernaan karena mampu mengeluarkan raacun dari tubuh dengan cara merangsang hati mengeluarkan empedu. Kandungan mineral dan vitamin pada lemon juga mampu mengeluarkan racun yang ada di saluran pencernaan. Air lemon hangat juga mampu menyembuhkan perut yang kembung, mulas, dan sendawa.
  • Mempercepat proses penyembuhan pada luka, nutrisi yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan.
  • Bagi ibu hamil, mengonsumsi jus lemon bisa membantu perkembangan tulang, otak dan saraf pada janin yang sedang dikandung agar lebih sehat.

Selain manfaat buah jeruk lemon bagi kesehatan, buah lemon sendiri sebenarnya juga bisa berkhasiat untuk kesehatan kulit dan rambut. Masker perasan lemon bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak bila digunakan secara rutin. Sedangkan untuk rambut, lemon bisa dimanfaatkan untuk mencegah rambut rontok dengan cara meneteskan perasan jeruk lemon pada kulit kepala kemudian dipijat ringan.

Related Posts