manfaat internet di bidang pendidikan bagi pelajar

 Kesehatan

Internet sudah bukan lagi hal yang tabu di kehidupan masyarakat. Berbagai macam bidang ilmu bisa dikerjakan dan diselesaikan dengan menggunakan teknologi yang satu ini. Manfaat internet di bidang pendidikan bagi pelajar juga telah dirasakan oleh berbagai pihak. Tak hanya pelajar, guru dan orang tua pun bisa mendapatkan manfaat dari proses pembelajaran yang memanfaatkan media internet. Permasalahan pendidikan yang sering sekali sulit diselesaikan adalah mengenai sumber pembelajaran yang terbatas dan sulit dicari. Dengan menggunakan media internet, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Segala macam informasi dan materi mengenai pembelajaran bisa didapatkan sesuai dengan kebutuhan.

3

Internet merupakan kependekan dari Inter Connected Network. Berbagai pakar teknologi mengemukakan bahwa internet merupakan penemuan paling canggih dan berpengaruh dalam berbagai bidang ilmu. Internet juga diklaim mampu mengubah teknologi dan masa depan manusia. Hal tersebut agaknya tidak terlalu berlebihan, mengingat internet kini telah menjadi candu bagi banyak orang. Penggemar internet yang kebanyakan adalah kalangan anak-anak dan remaja membuat pelajar juga bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan di sekolahnya. Bisa digunakan untuk mencari materi pembelajaran, tugas sekolah, media pembelajaran, video pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Manfaat internet di bidang pendidikan bagi pelajar tidaklah sedikit. Kecanggihan dan kemodernan internet mampu menghadirkan berbagai macam jenis dan bentuk materi serta media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar untuk menunjang proses belajarnya di sekolah. Ditambah lagi berbagai macam fasilitas tersebut telah banyak yang tersedia secara gratis. Dalam artian, pelajar bisa mendownloadnya secara bebas tanpa dipungut biaya. Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa didapatkan melalui internet.

  • Untuk mempermudah pencarian materi, informasi, bahan, atau referensi belajar dengan mencarinya di situs Google.
  • Internet menyediakan fasilitas multimedia berupa video, film pendidikan, musik, animasi, dan sebagainya.
  • Internet mampu memudahkan Anda dalam berkomunikasi, baik dengan teman sekolah maupun dengan guru. Komunikasi tersebut bisa dilakukan melalui berbagai macam jejaring sosial yang kini marak.
  • Membantu dalam penguasaan bahasa asing dengan fasilitas terjemahan. Pelajar juga bisa memakai nberbagai macam situs-situs bahasa asing yang telah tersedia di internet.
  • Mampu mendorong kreativitas karena anak atau pelajar dituntut untuk selalu berinovasi dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi internet.
  • Mendorong kemandirian karena bisa mencari bahan dan materi belajar sendiri.
  • Sebagai sarana untuk melakukan pendidikan dari jarak jauh dengan fasilitas-fasilitas yang ada di internet. Pelajar bisa mengikuti pembelajaran dari tempat yang jauh dengan menggunakan video streaming dan pengiriman tugas melalui surat elektronik.
  • Sebagai sumber mendapatkan informasi mengenai beasiswa di dalam dan di luar negeri bagi pelajar berprestasi.

Meski manfaat internet di bidang pendidikan bagi pelajar sangatlah beragam dan terkesan sangat penting, internet tetaplah bukan merupakan pengganti pendidikan di dalam kelas. Internet hanya berperan sebagai pembantu atau pelengkap sarana pembelajaran. Pelajar tetap harus mengikuti pembelajaran di sekolah dan mendapatkan ilmu utama dari pengajarnya. Internet melengkapi berbagai macam ilmu yang telah didapatkan. Pelajar juga bisa mengembangkan ilmu tersebut dengan tambahan informasi dari media internet.

Related Posts