Manfaat Buah Pisang, Kulitnya, dan Pohonnya

 Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Buah yang sangat familiar di Indonesia ini memang telak dikenal memiliki banyak khasiat. Pisang dikenal dengan tanaman ajaib karena khasiat tak hanya dimiliki oleh buahnya saja, melainkan seluruh bagian dari tanaman pisang memiliki manfaat yang tak sedikit. Manfaat buah pisang, kulitnya, dan pohonnya telah banyak diketahui oleh masyarakat, tak heran jika tanaman pisang tidak sulit ditemukan di berbagai wilayah. Berbagai jenis tanaman pisang juga membuatnya semakin diminati. Selain itu, buah pisang juga bisa diolah dan dikonsumsi dengan berbagai macam cara tergantung dari jenis buah pisang itu sendiri.

Pisang merupakan salah satu tanaman buah yang bisa tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis. Di Indonesia, tanaman pisang sangat berlimpah sehingga harga jualnya relatif terjangkau. Karena harga yang murah tersebut membuat sebagian orang memandang rendah buah ini, padahal kandungan gizi dan manfaatnya sangat banyak dan bisa didapatkan dari seluruh bagian dari tanaman pisang. Dimulai dari pohonnya, pohon pisang memiliki berbagai macam senyawa di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Senyawa-senyawa tersebut  adalah antrakuinon, saponin, flavonoid, asam askrobat, dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Antrikuinon bermanfaat untuk menyehatkan dan mencegah kerontokan rambut. Saponin bermanfaat untuk menyembuhkan dan menutup luka. Asam askrobat bermanfaat untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat atau kolagen pada kulit. Flavonoid bermanfaat untuk menanggulangi radang karena bersifat anti-inflamasi.

11

Masih dalam pembahasan mengenai manfaat buah pisang, kulitnya, dan pohonnya. Buah pisang adalah bagian yang paling banyak digemari dari keseluruhan tanaman pisang. Selain bisa dimakan secara langsung, buah pisang bisa diolah menjadi beraneka ragam masakan yang sangat lezat dan menggugah selera. Tahukah Anda bahwa buah pisang memiliki berbagai macam kandungan dan manfaat yan baik bagi kesehatan? Buah pisang memiliki kandungan zat gizi yang sangat banyak dan semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pisang mudah dicerna, bebas lemak, dan kaya akan nutrisi. Di dalam buah pisang terkandung kalori, potassium, vitamin C, vitamin B6, mangan, serat, karbohidrat, magnesium, kalsium, fosfor, folt, karoten, asam amino, vitamin A dan E. Kandungan-kandungan tersebut bisa dimanfaatkan oleh tubuh untuk menghaluskan kulit, sumber energi, mengalirkan oksigen ke otak, malancarkan buang air besar, mengobati maag, mengurangi nyeri haid, mengatasi anemia, menyembuhkan luka bakar, dan masih banyak lagi khasiatnya.

Setelah pohon dan buahnya, kulit pisang juga memiliki manfaat yang sangat berguna. Kulit buah pisang memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Senyawa-senyawa tersebut adalah karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, anti-oksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, vitamin B kompleks, minyak nabati, serat, serotonin, dan lain-lain. Ternyata kulit pisang yang selama ini dianggap sebagai sampah memiliki banyak zat yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Khasiat-khasiat yang bisa didapatkan dari kulit pisang adalah penambah mood, pereda nyeri, mengatasi gatal, mempercepat penyembuhan luka, menyembuhkan sakit kepala, menghilangkan jerawat, dan sebagai bahan makanan karena bisa diolah menjadi tepung terigu atau keripik. Sangat beragam kan manfaat buah pisang, kulitnya, dan pohonnya?

Related Posts