Pengertian Kapasitor Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Setiap hari kita menonton televisi, menggunakan komputer, atau pun mencarger hp. Kita seringkali bersinggungan dengan alat-alat eloktronik hampir setiap waktu. Namun, pernahkah kita perhatikan bahan-bahan apa saja yang ada dan tersusun menjadi satu dari alat-alat tersebut? Komponen penyusun pada alat-alat tersebut bernama kapasitor.Yuk, teliti lebih jauh tentang kapasitor dengna melihat pula Pengertian Kapasitor Menurut Para Ahli.

Sebelum kita membahas Pengertian Kapaistor Menurut Para Ahli, sebaiknya kita tahu dulu awal ditemukannya kapasitor. Kapasitor pertama kali di pekenalkan oleh ilmuwan Inggris Michael Faraday atau yang mendapat julukan sebagai bapak listrik. Satuan kapasitor juga dinamakan Farad sesuai dengan nama penemunya.

Kapasitor adalah komponen listrik yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor terdiri dari dua konduktor yang terpisah oleh bahan penyekat pada tiap konduktornya yang disebut dengan keeping. Pada dasarnya, kapasitor ini terdiri atas dua permukaan konduktor dengan isolator sebagai pemisahnya.

3

Inilah beberapa jenis kapasitor yang digunakan pada rangkaian listrik:

  1. Kapasitor kertas

Kapasitor ini memiliki dielektrik berbahan kertas dan terdapat lapisan-lapisan kertas setebal 0,05-0,02 mm yang berada diantara kedua lembar kertas alumunium. Untuk meperbesar kekuatan serta kapasitas dielektrinya, maka kertas di lapisi dengam minyak.

  1. Kapasitor variabel

Kapasitor variabel dipakai dalam tuning radio untuk mecari saluran atau gelombang radio. Dielektik yang digunakan adalah udara. Kapasitor ini biasanya terbuat dari alumunium.

  1. Kapasitor elektrolit

Kapasitor ini memiliki dielektrik oksida alumunium. Kapasitor elektrolit hanya dipaki pada tegangan DC yang terdapat pada televisi, radio, komputer, telepon,telegraf, dan sebagainya. Mempunyai eloktroda positif yang terdiri atas bahan logam, seperti alumunium dan tantalum serta elektroda negatif dari bahan elektrolit. Tebal lapisan oksidanya adalah sekitar 0,000 1 mm. Kapasitor elektrolit digunakan sebagai perata denyut arus listrik.

  1. Kapasitor keramik

Kapsitor keramik memiliki dielektrik yang menggunakan keramik sebagai bahan pembuatannya. Elektroda logam yang terdapat pada kapasitor ini dielektriknya terdiri dari campuran titanium oksida dan oksida lain.Kapasitor keramiki berfungsi sebagai peredam bunga api.

  1. Kapasitor plastik

Kapasitor ini memiliki selaput plastik sebagai dielektriknya yang terbuat dari bahan polisterina dan teflon dengan tebal 0,0064 mm. Kapasitor ini berfungsi sebagai koreksi faktor daya dalam sistem daya listrik pada fisi nuklir dan sebagainya.

Adapun fungsi dari kapasitor adalah :

  1. Menyimpan muatan listrik
  2. Mencegah terjadinya bunga api listrik akibat arus listrik putus pada rangkaian yang di dalamnya terdapat kumparan
  3. Sebagai penyeimbang tegangan dalam power supply atau catu daya
  4. Memilih frekuensi gelombang radio

Itulah pembahasan seputar kapasitor yang berhubungan dengan ilmu elektronika atau kelistrikan. Sekarang tahu kan Pengertian Kapasitor Menurut Para Ahli Adalah komponen atau rangkaian elektronika yang dapat menyimpan listrik dalm bentuk muatan listrik selama beberapa waktu tertentu meskipun tanpa adanya reaksi kimia. Biasanya kapasitoer banyak ditemukan pada alat-alat elektronik. Adapun rumus untuk menghitung kapasitor adalah C = q/v.

C= kapasitas kapasitor (Farad)

Q= muatan tersimpan dalam kapasitor (Coulomb)

V= beda potensial antara dua konduktor (Volt)

Related Posts