Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli Adalah – Di jaman sekarang ini, kejahatan merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi dimana-mana. Kejahatan juga tidak mengenal siapa dan bagaimana. Orang yang terlihat baik bisa saja ternyata menjadi pelaku kejahatan. Oleh karena itu, baik pria maupun wanita kini berbondong-bondong ikut mendaftarkan diri mempelajari ilmu bela diri, salah satunya adalah pencak silat. Kita patut bangga, karena pencak silat merupakan ilmu bela diri yang berasal dari Indonesia lho. Anda pastinya sudah tahu apa itu pencak silat bukan? Nah, apakah pencak silat menurut anda sudah mirip dengan Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli? Yuk, kita buktikan.

Pencak silat bukanlah gerakan yang dilakukan secara sembarangan untuk menyerang musuh. Dalam setiap gerakan pencak silat, selalu ada teori yang menjelaskan tentang fungsi dan juga saat yang tepat untuk melakukan sebuah gerakan. Untuk belajar pencak silat diperlukan ketekunan dan kesabaran. Prosesnya juga tidak instan melainkan selama bertahun-tahun latihan. Berikut ini adalah Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli :

6

  1. Hasan Alwi, dkk

Pencak adalah keahlian dalam mempertahankan diri yang meliputi gerakan menangkis, mengelak, dan sebagainya. Sedangkan, silat berarti olahraga yang dengan didasarkan pada kegiatan mengelak, menyerang dan membela diri, dengan atau tanpa senjata. Jadi pencak silat adalah kepandaian dalam berkelahi yang didasarkan pada ketangkasan menyerang, mengelak dan membela diri dalam suatu pertandingan atau perkelahian yang sebenarnya.

  1. Abdus Syukur

Pencak adalah gerakan indah untuk menghindar dan gerakan yang memiliki unsur komedi. Pencak dapat pula dijadikan sebuah pertunjukan sebagai sarana untuk menghibur. Sedangkan silat adalah teknik beladiri dalam mengelak, menyerang dan mengunci lawan yang tidak bisa diperagakan di depan umum.

  1. Wongsonegoro

Pencak adalah gerakan menyerang untuk membela diri yang memiliki aturan tertentu dan dapat dipertunjukkan di depan umum. Silat merupakan inti sari dari pencak, yaitu kepandaian dalam berkelahi atau membela diri yang tidak bisa dipertontonkan di depan umum.

  1. Koesoepanangat

Pencak adalah gerakan ilmu bela diri tanpa adanya lawan, sementara silat merupakan bela diri yang tidak boleh dipertandingkan.

  1. Maryono

Menurut Maryono, perbedaan dari pencak silat dilihat dari gerakan tersebut boleh dipertontonkan atau pun tidak.

  1. Atok Iskandar dkk

Pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Indonesia dalam membela atau mempertahankan kemandirian dan kulaitasnya terhadap manusia lain serta alam sekitar untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan.

Dari Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli itu, kita tahu bahwa pencak silat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan bangsa Indonesia tercinta ini. Pencak silat adalah gerakan indah dalam ilmu bela diri yang meliputi teknik menyerang dan menangkis lawan dengan tujuan untuk mempertahankan diri dari situasi bahaya. Kita pun tahu, bahwa sebenarnya pencak silat merupakan gabungan dari dua kata yang memiliki arti sedikit berbeda, pencak boleh dipertontonkan didepan umum sedangkan silat tidak boleh dijadikan sebuah pertunjukkan. Pencak silat ini di pakai untuk membela diri dan untuk menolong orang lain. Nah, apakah anda tertarik untuk belajar pencak silat?

Related Posts