Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

           Yang terlintas di benak kita saat mendengar kata kebugaran jasmani pastilah mengenai olahraga atau kesehatan. Hal tersebut berkaitan dengan istilah kebugaran yang selama ini biasa kita artikan sehat. Sebenarnya, kebugaran jasmani memiliki makna yang jauh lebih luas dari anggapan kebanyakan orang. Bahkan tak sedikit pakar yang mendefinisikannya dengan lebih rinci. Berbagai pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli ini bisa kita jadikan referensi untuk lebih memahami maknanya. Pemahaman yang benar dan luas akan membuat kita lebih bisa menerapkan konsep kebugaran jasmani lebih baik lagi, dan tentunya hal tersebut menjadi nilai tambah bagi kesehatan kita.

       Seperti kita ketahui bahwasanya kebugaran jasmani memiliki dua komponen dasar, yakni kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan seseorang dalam melakukannya. Untuk kesehatan, kita terbiasa melakukannya untuk menjaga stabilitas dan kinerja organ tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal, lambung, dan sebagainya. Sedangkan kaitannya dengan keterampilan biasa diwujudkan untuk membentuk otot tubuh, misal melakukan fitness, gym, senam-senam tertentu, dan lain-lain. Kedua hal tersebut perlu dilakukan secara rutin untuk kesehatan dan membentuk tubuh menjadi ideal.

4

           Kebugaran bisa diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan tubuh sehat dan segar, sedangkan jasmani secara harfiah diartikan sebagai tubuh atau badan. Sehingga jika digabungkan, kebugaran jasmani adalah hal yang berhubungan dengan keadaan tubuh atau badan yang segar dan sehat. Pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli lebih beragam. Hal tersebut didasari oleh masing-masing pemikiran ahli yang tak sama. Namun, kesemua pengertian tersebut bisa kita jadikan pedoman dan pelengkap pengetahuan. Tak ada definisi yang tidak benar, pepatah tersebut harus terus kita pegang teguh. Tentunya, semua definisi tersebut tidak kita telan mentah-mentah, melainkan kita telaah dan pelajari lebih lanjut dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan.

                Pengertian-pengertian tersebut merupakan buah pemikiran para pakar. Beberapa definisi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Judith Rink, kebugaran jasmani kemampuan seseorang dalam menjalani rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut. Pengertian ini menitikberatkan pada kemampuan tubuh seseorang dalam beraktivitas. Pendapat ini disetujui oleh Djoko Pekik. Beliau menambahkan bahwa rutinitas sehari-hari perlu dikerjakan dengan efisien agar hasil maksimal. Keberhasilan tersebut ditentukan oleh kualitas latihan yang benar.
  • Menurut Rusli Lutan, kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan segala macam pekerjaan fisik yang memerlukan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan.
  • Menurut Muhajir, kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh beradaptasi dengan pekerjaan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berlebihan.

Dari beberapa pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani adalah sebuah kemampuan seseorang untuk dapat melakukan segala macam rutinitas sehari-hari dengan kekuatan yang dimiliki tanpa rasa lelah yang berlebihan, bahkan masih bisa untuk melakukan kegiatan yang mendadak. Kebugaran jasmani memang sangat diperlukan oleh setiap orang karena keadaan tubuh yang sehat sangat erat kaitannya dengan aktivitas yang dilakukan. Semakin bugar atau sehat seseorang, maka semakin banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dikerjakan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian kewirausahaan , pengertian nasionalisme , pengertian seni musik , pengertian evaluasi , pengertian kebugaran jasmani , pengertian pasar modal , pengertian php , pengertian observasi , pengertian media , pengertian peta , pengertian organisasi , pengertian narkoba , pengertian pancasila

 

Related Posts