Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

    Melakukan kegiatan observasi bukanlah aktivitas yang sulit. Setiap hari secara sadar maupun tanpa sadar kita telah melakukan kegiatan ini, misalnya mengobservasi makanan untuk sarapan, mengobservasi kendaraan saat akan berangkat ke kantor, mengobservasi tingkah laku orang-orang di sekeliling kita, dan lain-lain. Sering melakukan tetapi tak semua orang memahami apa sebenarnya makna dari kata observasi ini? Sebelum membahas pengertian observasimenurut para ahli, ada baiknya jika kita mencoba memaknainya secara singkat. Berdasarkan contoh-contoh aktivitas di atas, kta sudah dapat menebak makna dari observasi. Secara singkat, observasi bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan pengamatan atau peninjauan secara  cermat. Jika kita perluas maknanya, observasi adalah pengamatan secara cermat dan sistematik terhadap sebuah objek, hasilnya dicatat dalam sebuah laporan observasi.

      Observasi merupakan salah satu teknik atau metode yang biasa dilakukan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam karya tulisnya. Metode ini dianggap paling efektif karena peneliti terjun langsung ke lokasi atau tempat penelitian yang diinginkan sehingga langsung bertemu dengan objek telitiannya. Metode observasi ini memiliki banyak kelebihan, seperti lebih memahami bahan penelitian, langsung mengetahui keadaan objek telitiannya, dan tentunya data yang didapat lebih akurat karena peneliti langsung menemui sumber datanya. Sesuai dengan pengertiannya, observasi membutuhkan pemikiran yang sistematis dan pengamatan yang cermat. Itu sebabnya observasi diartikan dengan kata mengamati, bukannya melihat saja.

7

     Istilah observasi sudah menjadi hal yang wajib di dalam sebuah karya tulis atau penelitian. Untuk itu, banyak pakar atau peneliti andal yang membagikan pemikirannya mengenai pengertian observasi. Adapun beberapa pengertian observasi menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Riduwan memberikan pengertian observasi dalam kaitannya dengan penelitian. Menurutnya, observasi adalah sebuah teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara langsung ke objek penelitiannya untuk melihat kegiatan yang dilakukannya.
  • Kartono mengungkapkan bahwa observasi adalahstudi yang sistematis tentang fenomena sosial yang diamati dan dicatat.
  • Menurut Poerwandari, observasi jika dilihat dari segi psikologi adalah sebuah metode dasar dan paling tua karena selalu terlibat dalam pengamatan psikologis. Hal ini menurut beliau sesuai dengan istilah observasi yang berasal dari bahasa Latin yang bermakna melihat atau mengamati.
  • Pendapat Poerwandari di atas dipertegas dengan pendapat yang dikemukakan oleh Banister, observasi selalu berhubungan dengan bidang psikologis, baik dalam konteks eksperimental maupun alamiah.
  • Flick menyatakan bahwa observasi merupakan kemampuan manusia di samping kemampuan berbicara dan mendengarkan. Observasi dianggap sebagai keterampilan yang dilakukan sehari-hari secara metodelogis dan sistematis.

Pada dasarnya, semua pengertian observasi menurut para ahli di atas memiliki persamaan, yakni observasi dianggap sebagai metode yang sistematis dalam sebuah kegiatan, baik kegiatan sehari-hari, kegiatan secara psikologis, maupun kegiatan penelitian. Meski dipandang dari segi yang berbeda, secara garis besar observasi tetaplah dimaknai sebagai metode pengamatan yang tersetruktur dan memerlukan pencatatan sebagai hasilnya. Selain kemampuan untuk mendengar dan berbicara, manusia juga diberkahi dengan kemampuan melihat dengan cermat dan mendalam. Hal inilah yang selama ini kita lakukan dan disebut dengan istilah observasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian kewirausahaan , pengertian nasionalisme , pengertian seni musik , pengertian evaluasi , pengertian kebugaran jasmani , pengertian pasar modal , pengertian php , pengertian observasi , pengertian media , pengertian peta , pengertian organisasi , pengertian narkoba , pengertian pancasila

 

Related Posts