Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam dunia perdagangan dan bisnis, ada sebuah istilah yang disebut dengan pemasaran, tentunya kita semua mengetahui hal tersebut. Untuk memasarkan suatu barang atau jasa, perusahaan memerlukan suatu usaha promosi di mana salah satu alat promosi yang dapat dan sering sekali digunakan adalah iklan. Apa itu iklan? Bagaimana pengertian iklan menurut para ahli? Iklan adalah sebuah bentuk komunikasi untuk pemasaran dan digunakan untuk mendorong atau membujuk penonton (pemirsa, pembaca, atau penonton) untuk melanjutkan atau mengambil beberapa tindakan baru. Tindakan yang diharapkan adalah pembelian produk atau jasa yang telah diiklankan tersebut.

5

                Tujuan dimunculkannya iklan adalah untuk memperkenalkan, mengingatkan, dan mempengaruhi publik agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Tanpa adanya iklan, perusahaan tidak akan bisa secara maksimal menunjukkan produk dan jasanya kepada khalayak luas. Dengan media komunikasi yang saat ini sudah sangat luas, seperti televisi, radio, media sosial, internet, majalah, surat kabar, dan lain-lain, penyebaran iklan semakin mudah. Pesan iklan biasanya dibayar oleh sponsor dan dilihat melalui berbagai media yang telah disebutkan di atas.

                Berikut ini adalah paparan pengertian iklan menurut para ahli. Beberapa definisi pakar ini bisa menjadi dasar dalam memaknai istilah iklan.

  • Menurut Rhenald Kasali, iklan adalah bagian dari bauran promosi dan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran.
  • Menurut Durianto, iklan adalah suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.
  • Menurut Frank Jefkins, iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli.
  • Menurut Kotler, iklan adalah segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau nonpersonal layanan dibayar oleh sponsor tertentu.
  • Menurut Kriyantono, iklan adalah sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk mempengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.
  • Menurut Wells, iklan adalah nonpersonal komunikasi dibayar oleh sponsor menggunakan media massa membujuk dan mempengaruhi penonton.
  • Menurut Lee, iklan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat missal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.
  • Menurut Gilson dan Berkman, iklan adalah media komunikasi persuasive yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu untuk mencapai tujuan objektivitas atau pemasaran.

Selain pengertian iklan menurut para ahli, jenis-jenis rancangan iklan juga penting untuk diperhatikan. Iklan sebaiknya dirancang untuk mencapai sasaran spesifik dari perusahaan, walaupun tujuan akhir adalah mendorong konsumen untuk membeli. Sasaran periklanan  bisa  ditentukan berdasarkan klarifikasi apakah tujuan periklanan bermaksud menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan saja.  Iklan informatif (menginformasikan)  harus merancang iklan agar hal-hal penting bisa disampaikan dalam pesan iklan. Iklan membujuk biasanya membujuk/merayu konsumen dan berperan penting bagi perusahaan dengan tingkat persaingan tinggi. Iklan yang membujuk  biasanya dituangkan dalam pesan-pesan iklan perbandingan. Perusahaan berusaha membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis. Iklan mengingatkan digunakan untuk mengingatkan produk-produk yang sudah mapan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts