Pengertian Metode Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Metode atau method secara harfiah diartikan sebagai cara atau jalan yang ditempuh. Secara etimologis, istilah ini berasal dari kata “met” dan “hodes” yang berarti melalui. Selain itu, metode atau metodik berasal dari bahasa Greeka, “metha” yang berarti melalui atau melewati, dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. jadi, metode bisa diartikan sebagai jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. Definisi di atas adalah definisi yang diambil secara harfiah dan etimologis. Lalu, bagaimana dengan pengertian metode menurut para ahli? Hal ini juga perlu untuk diketahui, para ahli bisa mengartikan dengan makna yang berbeda-beda.

2

Berikut ini pengertian-pengertian metode yang disampaikan oleh para ahli.

  • Menurut Pasaribu dan Simanjuntak, metode adalah cara sistematik yang digunakan untuk mencapai tujuan.
  • Menurut Almadk, metode adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan, dan penjelasan kebenaran.
  • Menurut Rothwell & Kazanas, metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi.
  • Menurut Ostle, metode adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.
  • Menurut Titus, metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
  • Menurut Hebert Bisno, metode adalah teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik agar dapat diterima atau digunakan secara sama dalam satu disiplin, praktik, atau bidang disiplin dan praktik.
  • Menurut Macquarie, metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu.
  • Menurut Max Siporin, metode adalah sebuah orientasi aktivitas yang mengarah kepada persyaratan tugas-tugas dan tujuan-tujuan nyata.
  • Menurut Wiradi, metode adalah seperangkat langkah yang tersusun secara sistematis (urutannya logis).
  • Menurut Rosdy ruslan, metode adalah kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya.
  • Menurut Drs. Agus M. Hardjana, metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
  • Menurut Natsir, metode adalah cara yang digunakan untuk memahami sebuah objek sebagai bahan ilmu yang bersangkutan.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
  • Menurut Departemen Sosial RI, metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan agar tercapai hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Berdasarkan pengertian metode menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan secara singkat bahwa metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Berkenaan dengan istilah metode, ada sebuah istilah yang erat kaitannya dengan hal tersebut, yakni kata teknik. Teknik diartikan sebagai cara yang lebih spesifik dalam memecahkan masalah tertentu yang ditemukan dalam melaksanakan prosedur. Kedua istilah tersebut bisa saling digunakan dalam memecahkan sebuah permasalahan. Metode dan teknik yang tepat akan mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat pula. Sebaliknya, pemilihan metode dan teknik yang salah dalam pemecahan suatu masalah akan membuat permasalahan semakin runyam.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts