Pengertian dan Fungsi Usus Besar

 Pengetahuan

Masih ingatkah anda tentang pengertian dan fungsi usus besar? Jika anda lupa, pada pembaahasan kali ini penulis mengajak anda untuk kembali mengingat pelajaran yang berkaitan dengan ilmu biologi. Usus besar merupakan bagian yang mengambil peran penting dalam sistem pencernaan manusia. Jadi, sudah seharusnya kita mengenal dan memahami pengertian dan fungsi usus besar yang ada dalam tubuh kita.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi usus besar. Apa itu usus besar? Usus besar adalah bagian terpenting dalam sistem pencernaan manusia yang bentuknya melingkar dan berhubungan dengan penyerapan air juga ekskresi manusia melalui anus. Dalam tubuh manusia, usus besar dibagi menjadi 6 bagian dengan daerah yang berbeda. Bagian tersebut adalah :

3

  • Sekum adalah struktur berbentuk kantong kecil yang membentuk bagian pertama dari usus besar. Sekum terletak pada perut kanan bagian bawah, dan terhubung ke bagian terakhir dari usus kecil (ileum)
  • Kolon asenden adalah bagian terpanjang dari usus besar karena dimulai dari dasar perut (kanan) dan bergerak ke atas menuju hati.
  • Kolon transversum. Usus besar transversum melekat pada perut oleh sekelompok jaringan yang disebut omentum. Kemudian beralih ke bawah pada limpa dan berakhir ke dalam kolon desenden.
  • Kolon desenden yang berjalan ke bawah dari kolon transversum. Kolom desenden terletak di sisi kiri perut dan berakhir ke bagian terakhir dari usus besar yang disebut kolon sigmoid.
  • Kolon sigmoid adalah struktur yang berbentuk seperti huruf S, dan bergabung dengan kolon desenden dan rektum. Kolon sigmoid terletak di sisi kiri bagian bawah perut. Kolon sigmoid merupakan bagian dari usus besar yang dilapisi dengan jaringan otot yang kuat dan memiliki kekuatan untuk mengusir sampah ke dalam rektum.
  • Rektum merupakan bagian terakhir dari usus besar. Di sinilah limbah dalam bentuk feses disimpan yang kemudian diekskresikan keluar dari anus. Rektrum terdiri dari lapisan mukosa tebal dengan banyak pembuluh darah.

Setelah membahas pengertian dan bagian – bagian dalam usus besar, untuk melengkapi pembahasan pengertian dan fungsi usus besar kali ini, dan untuk menambah pemahaman pembaca, penulis akan menyebutkan beberapa fungsi usus besar. Fungsi usus besar dalam tubuh adalah :

  1. Usus besar berfungsi untuk menyerap air dan garam dari makanan yang telah tercerna pada usus kecil.
  2. Usus besar membantu menjaga keseimbangan cairan darah
  3. Usus besar berfungsi sebagai tempat diproduksinya vitamin K, vitamin K dalam tubuh berfungsi untuk proses pembekuan darah
  4. Usus besar berfungsi untuk menghilangkan limbah beracun dari tubuh yang dibuat dalam bentuk tinja
  5. Usus besar berfungsi sebagai tempat penyimpanan limbah padat sampai diekskresikan keluar melalui anus

Bagimana? Sudahkah anda paham pada pembahasan kali ini? Usus besar mengambil peranan yang cukup penting dalam metabolism mahluk hidup. Sekian pembahasan pengertian dan fungsi usus besar kali ini. Semoga pembahasan kali ini semakin menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan untuk anda yang membacanya.

Related Posts