Manfaat dan Khasiat Buah-Buahan

 Kesehatan

Siapapun tahu bahwa buah-buahan sangat bagus bagi kesehatan karena mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi. Varian buah yang sangat beragam juga menjadi faktor utama beragamnya manfaat dan khasiat buah-buahan bagi kesehatan, kecantikan, dan perawatan tubuh manusia. Mengonsumsi buah setiap hari akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen makanan. Bahkan, harga beberapa buah-buahan kaya manfaat tersebut relatif lebih murah dibandingkan suplemen makanan sejenis. Jadi, untuk apa mengganti kebutuhan tubuh akan buah-buahan dengan suplemen tambahan?

Indonesia merupakan negara yang subur dengan varian buah yang sangat melimpah. Tak sedikit buah-buahan asli Indonesia menembus pasar ekspor ke berbagai negara karena memang kualitasnya yang sangat baik. Apalagi saat ini tengah marak tanaman organik yang nantinya akan menghasilkan buah-buahan organik yang kenyataannya memiliki khasiat lebih baik daripada tanaman biasa. Buah-buahan organik memiliki kandungan gizi lebih baik karena bebas bahan kimia yang berbahaya. Proses penanaman, perawatan, penggunaan pupuk, bahkan airnya harus sangat aman dan bebas dari unsur-unsur kimia sehingga menghasilkan buah terbaik yang pastinya sangat baik pula bagi kesehatan. Oleh karena itu, buah-buahan organik terus menarik minat pembeli dan menjadi buah andalan di pasaran dalam dan luar negeri.

5

Manfaat dan khasiat buah-buahan sangat beragam dan tergantung dari jenis buah yang dikonsumsi. Ada ratusan bahkan ribuan varian buah di dunia ini dan setiap buah memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda bagi tubuh dan kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa buah popular yang memberikan kontribusi penting bagi kesehatan manusia.

  • Apel berkhasiat bagi penyakit jantung, batuk, menurunkan kolesterol, membersihkan kotoran di usus besar, mencegah kanker, dan menstabilkan nafsu makan yang berlebihan.
  • Jeruk mengandung banyak vitamin C sehingga sangat baik untuk sistem imunitas tubuh, menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, membersihkan liver, menyembuhkan influenza, dan menyembuhkan radang tenggorokan serta amandel.
  • Pisang mampu melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga menjadi lapisan anti radang, membantu mengurangi asam lambung, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, dan menanggulangi beragam masalah kesehatan lainnya.
  • Mangga mampu bertindak sebagai desinfektan, membersihkan darah, mengatasi bau badan, dan menurunkan panas tubuh saat demam.
  • Pepaya mampu membantu memecah serat makanan di dalam sistem pencernaan, menghilangkan infeksi, dan mengatasi alergi.
  • Semangka mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung.
  • Melon mampu mencegah darah menggumpal, membersihkan kulit, melancarkan saluran pencernaan, dan menurunkan kadar kolesterol.
  • Alpukat mengandung kalori, lemak, dan minyak yang tinggi sehingga bagus sebagai sumber energi dan mengurangi kadar kolesterol serta menjaga kelenturan otot-otot sendi.
  • Nanas mengandung enzim bromealin yang mampu melarutkan lendir kental dalam sistem pencernaan dan juga menghancurkan bisul.

Manfaat dan khasiat buah-buahan yang telah dipaparkan di atas hanyalah sebagian kecil dari varian buah yang ada di seluruh bumi ini. Beberapa buah-buahan tersebut hanya sebagai conton kecil bahwa kandungan dan manfaat yang ada di dalam buah alami sangat beragam dan baik bagi kesehatan serta pengobatan beragam penyakit. Untuk itu, konsumsilah beragam buah-buahan setiap hari.

Related Posts