Manfaat Buah Pinang Muda bagi Kesehatan

 Kesehatan

Buah pinang sudah bukan hal yang baru di Indonesia, apalagi bagi mereka yang tinggal di pedesaan. Buah pinang biasa dijual ke pabrik-pabrik untuk kemudian diolah menjadi tinta batik. Tak banyak yang tahu bahwa manfaat buah pinang muda bagi kesehatan sangat banyak dan beragam. Buah pinang kaya akan kandungan nutrisi yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Bahkan, buah mungil berwarna hijau ini juga berkhasiat bagi ibu hamil dan juga untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Untuk lebih jelasnya di dalam artikel ini akan dikupas lebih banyak dan mendalam mengenai hal tersebut.

Buah pinang muda merupakan buah yang didapat dari tanaman pinang. Buahnya kecil berwarna hijau dan bergerombol pada dahan tertentu seperti kelapa. Buah pinang kaya akan manfaat bagi tubuh karena banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Meski bukan termasuk buah yang layak dikonsumsi seperti buah-buahan pada umumnya, buah pinang tetap memiliki tempat di hati masyarakat karena khasiatnya tersebut. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat buah pinang muda bagi kesehatan dan pengobatan herbal.

4

  • Menguatkan gigi dan gusi dengan cara mengunyah buah pinang muda yang telah diiris. Cara ini telah lama digunakan orang-orang terdahulu dan sudah terbukti khasiatnya.
  • Mencegah pengeluaran darah yang berlebihan pada beberapa jenis penyakit dan luka seperti mimisan, koreng, bisul, kudis, mencret dan diare. Caranya cukup sederhana yakni dengan mengonsumsi air rebusan buah pinang secara rutin dan teratur.
  • Mengobati difteri dengan cara merebus buah pinang muda yang sudah dimemarkan, campurkan madu pada air rebusan kemudian diminum sehari sekali secara rutin.
  • Mengecilkan rahim setelah melahirkan dengan cara yang sama seperti difteri.
  • Mengobati sakit pinggang dengan cara menumbuk daun pinang dan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.
  • Mengobati mata rabun dengan cara mengisap air buah pinang yang sudah dikunyah.
  • Mengobati cacingan dengan mencampurkan buah pinang, temulawak, dan kunyit kemudian direbus lalu air rebusan diminum secara teratur sampai sembuh.
  • Mengobati penyakit kulit kudis dengan cara memarut buah pinang muda yang selanjutnya dicampur dengan teh dan air, diaduk merata kemudian dioleskan pada bagian kulit yang sakit.
  • Mengobati telinga bernanah dengan cara menumbuk akar buah pinang muda dan diperas airnya. Teteskan air tersebut ke dalam telinga yang bernanah sebanyak 3 tetes.

Bagaimana? Tertarik dengan manfaat buah pinang muda bagi kesehatan? Mungkin banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat yang telah dipaparkan di atas. Hal itu karena sebagian besar masyarakat kini telah malas untuk memanfaatkan tanaman sekitar sebagai obat herbal. Mereka lebih tertarik pada obat instan berupa pil, kapsul, atau obat cair yang dijual di pasaran. Padahal obat-obat tersebut bisa memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa pula menyebabkan kematian. Pengobatan herbal menggunakan buah pinang muda memang tidak sepopuler penggunaan tanaman obat lainnya. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba. Semoga ulasan dan paparan dari artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai pengobatan herbal. Selamat mencoba.

Related Posts