Pengertian Web Browser

 Pengetahuan

                Secara umum, pengertian web browser adalah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi internet atau mencari informasi dari suatu situs yang tersimpan di dalamnya. Web browser biasa disebut juga dengan mesin penjelajah web. Kecanggihan web browser saat ini tidak hanya mampu menampilkan teks atau dokumen saja, melainkan sudah mampu menampilkan gambar, animasi, musik, suara, video, jenis file pdf, dan tipe-tipe lainnya. Dengan adanya web browser, pengguna bisa mengakses berbagai macam informasi yang terdapat di internet dengan mudah dan cepat. Hal ini sejalan dengan fungsi web browser yang memang digunakan untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang telah disediakan oleh web browser.

                Selain pengertian web browser, sejarah web browser juga perlu untuk dipelajari. Web browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 bernama browser Mosaic. Web browser ini diciptakan oleh tim dari national Center for Supercomputing Applications at the University of Illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC). Web browser ini pada awalnya sangat diminati karena memang belum ada saingan web browser yang lain. Selain itu web browser Mosaic memiliki tampilan grafis dan terlihat lebih menarik. Namun, kenyataannya kepopuleran Mosaic tidak mampu bertahan lama. Setahun kemudian, tahun 1994, Mosaic mulai ditinggalkan oleh pengguna karena hadirnya web browser Netscape Navigator. Lalu semenjak saat itu mulai muncullah berbagai macam web browser-web browser lainnya dengan penawaran tampilan, kecanggihan, dan akses yang luar biasa cepat.

7

Pengertian web browser yang telah disebutkan di atas memberikan pengertian bahwa web adalah kumpulan dari dokumen yang telah tersebar di seluruh dunia, dikumpulkan ke komputer server dan dihubungkan menjadi satu jaringan melalui internet. Saat ini web browser telah berkembang dengan munculnya banyak web browser popular, yakni.

  1. Mozilla Firefox merupakan web browser popular yang banyak digunakan di Amerika. Bernama asli Phoenix yang kemudian berganti menjadi Mozilla Firebird merupakan browser yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla. Link ini dibuat oleh Mozilla Corporation.
  2. Internet Explorer adalah salah satu web browser tertua di dunia dengan pengguna sebanyak 23,54 persen pangsa pasar. Jumlah tersebut berada di atas jumlah pengguna Firefox dan Google chrome. Software dengan nama pendek IE dimulai sejak 1995 dan dimasukkan sebagai default software di sistem operasi windows.
  3. Safari adalah penjelajah web browser buatan Apple Inc. yang awalnya diproduksi khusus untuk sistem operasi Mac OS.
  4. Google Chrome, dikembangkan oleh mesin pencari raksasa, Google, menjadi browser terpopuler karena fitur-fiturnya yang cepat dan tampilan yang simpel. Pada browser ini juga terdapat aplikasi terjemahan yang memungkinkan pengguna bisa mengakses tanpa plug in terlebih dahulu.
  5. Opera, seringkali digunakan untuk perangkat mobile dengan andalannya yakni Opera Mini. Jika Firefox memiliki aplikasi Ads-ons, Opera memiliki Opera Widgets sebagai aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera.
  6. Flock, web browser yang dibangundengan code Mozilla firefox yang khusus menyediakan social networking dan web 2.0. Software ini dibuat untuk mempermudah pengguna dalam mengatur beberapa social networking.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts