Pengertian Domain dan Hosting

 Pengetahuan

Pernahkah Anda mendengar istilah domain dan hosting? Kedua istilah ini memang tidak familiar, tetapi bagi Anda yang menggeluti atau mendalami dunia internet pasti pernah mendengarnya. Apa sebenarnya pengertian domain dan hosting?  Kedua hal tersebut wajib dipahami oleh Anda yang bekerja dengan memanfaatkan internet. Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang menuntut manusia juga mampu mengikuti perkembangannya. Saat ini telah banyak situs-situs baru bermunculan dari berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, entertainment, liburan, makanan, dan lain sebagainya. Semua situs tersebut memanfaatkan domain dan hosting.

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengatasnamakan sebuah situs. Sebenarnya saat Anda membuat sebuah situs sudah terdapat nama domainnya berupa angka misalnya 141.252.186.163. Nama dengan angka tersebut bisa Anda ganti dengan sebutan yang unik dan tidak ada duanya. Analoginya adalah seperti ini, domain sama dengan nama pemilik nomor HP. Daripada menghafal nomor yang terlalu banyak dan hampir mirip, lebih baik dan mudah menghafal nama yang sudah Anda simpan. Anda bisa menentukan sendiri nama unik yang mudah untuk Anda ingat, asal tidak ada yang menyamainya dan belum pernah dipakai.

4

Berdasarkan pengertian domain dan hosting di atas, sampai saat ini domain memiliki beberapa level. Level pertama bernama TLD atau Top Level Domain, domain ini merupakan domain dengan pengguna terbanyak, seperti .com, .net, .org, dan beberapa domain lainnya. Level kedua adalah domain yang berada di tingka SLD atau Second Level Domain, yakni domain yang Anda pilih untuk didaftarkan, misalnya saja pengertiandomain.net, maka pengertiandomain adalah SLD sedangkan .net adalah TLD. Domain yang ketiga adalah Third Level Domain, yakni nama domain setelah SLD,l contoh jika menggunakan nama second domain pengertiandomain.net, maka di depannya dapat ditambahkan dengan nama lainnya seperti mail.pengertiandomain.net. Bentuk-bentuk seperti itu sangat umum digunakan dalam dunia maya seperti sekarang ini. Ada juga yang gratis seperti co.cc, cz.cc, dan lain sebagainya.

Hosting adalah sebuah jasa atau layanan yang berguna untuk menyewakan server atau space di intenet. Space yang disewakan ini berfungsi untuk penyimpanan data atu file yang dapat diakses oleh banyak orang di seluruh dunia melalui jaringan internet. Akses ini bisa dilakukan secara simultan atau pun bersamaan. Server ini mampu menyimpan file dengan berbagai macam satuan, yakni MB (Megabyte), GB (Gigabyte), dan TB(Terabyte). Secara mudah dapat dipahami bahwa hosting ini sama dengan perangkat komputer yang mampu menyimpan data dengan ukuran-ukuran tertentu. Hosting ini juga sama dengan hal tersebut. Server yang mampu menyimpan semua kebutuhan file Anda dan bisa diakses melalui internet. Layanan hosting ini biasanya diperlukan oleh perseorangan dan instansi. Tujuannya bisa bermacam-macam, misal kebutuhan pribadi, menyiarkan berita dan informasi, membagikan gambar, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui pengertian domain dan hosting, maka pengetahuan Anda mengenai dunia internet semakin bertambah. Bukan tidak mungkin bahwa suatu saat nanti Anda akan berminat membuat situs sendiri untuk segala keperluan. Saat ini situs yang sangat ramai dibuat adalah belanja dan game online. Terus kembangkan kemampuan internet Anda agar lebih bagus lagi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts