Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Menjalani sebuah penelitian memang tidak mudah. Harus disiplin, teliti, sabar, dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Sebelum melangkah untuk melakukan penelitian, ada baiknya bila kita mengetahui definisi penelitian sekaligus pengertian penelitian menurut para ahli. Asal kata penelitian adalah dari bahasa Inggris “research” yang bermakna proses pengumpulan data. Dalam proses itu terdapat kegiatan melihat, mencari, meneliti, dan menyimpulkan hasilnya. Setiap proses dalam penelitian selalu bisa menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru. Penelitian yang dilakukan biasanya bertujuan untuk meningkatkan, mengubah, atau mengembangkan objek telitiannya. Penelitian yang sering sekali dilakukan, baik oleh individu maupun kelompok, adalah penelitian ilmiah.1

                Secara umum, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif dengan tujuan untuk memecahkan suatu hipotesis (dugaan awal) untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. Berikut ini adalah pengertian penelitian menurut para ahli.

  • Menurut Fellin, Tripodi, dan Meyer, penelitian adalah cara sistematik bertujuan meningkatkan, memodifikasi, dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan dan diuji oleh peneliti lain.
  • Menurut Indriantoro dan Supomo, penelitian adalah refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam.
  • Menurut Clifford Woody, penelitian adalah pencarian yang dilakukan dengan teliti untuk mendapatkan kenyataan-kenyataan berupa fakta atau hukum baru.
  • Menurut David H. Penny, penelitian adalah pemikiran sistematis mengenai berbagai masalah yang penyelesaiannya membutuhkan pengumpulan dan penafsiran fakta.
  • Menurut Yoseph dan Yoseph, penelitian adalah seni dan sains yang digunakan untuk mencari jawaban terhadap suatu permasalahan.
  • Menurut Parson, penelitian adalah pencarian sesuatu secara sistematis terhadap masalah yang dapat dipecahkan.
  • Menurut Kerlinger, penelitian adalah proses penemuan yang memiliki karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan medasar pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara.
  • Menurut Sutrisno hadi, penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah.
  • Menurut Nana Syaodin S., penelitian adalah proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu.

                Di atas telah dikatakan bahwa dalam setiap proses penelitian bisa digunakan untuk mengembangkan pengetahuan, mengembangkan, dan bahkan menguji teori. Berdasarkan hal tersebut, seorang ahli bernama Welberg berpendapat bahwa penelitian memiliki lima langkah pengetahuan. Kelima langkah tersebut adalah (1) mengidentifikasi masalah, (2) melakukan studi empiris, (3) melakukan pengulangan, (4) menyintesis dan mereviu, dan ( 5) menggunakan serta mengevaluasi.  Langkah-langkah tersebut mencakup segala proses penelitian, tentunya penelitian ilmiah.

                Berdasarkan pengertian penelitian menurut para ahli di atas, ada beberapa syarat yang harusnya dimiliki dalam melakukan penelitian. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai tujuan yang jelas, tujuan sangat diperlukan dalam melakukan penelitian karena memengaruhi hasil yang didapat nantinya.
  • Sistematis, dilakukan berdasarkan pola yang sudah ditentukan.
  • Direncanakan dengan baik, dilakukan dengan sengaja dan tahapan-tahapan telah diperkirakan dengan baik.
  • Dapat diuji dan dipertanggungjawabkan kebenarannya, kevalidan hasil bisa dilihat dari kerja uji hipotesis.
  • Objektif atau umum, harus berdasarkan fakta-fakta dan cakupannya lebih luas.
  • Mengikuti prosedur ilmiah (khusus penelitian ilmiah), ada cara-cara yang harus diikuti dari awal sampai akhir.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts