Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Saat ini e-commerce sedang menjadi tren di dunia bisnis, khususnya jual beli. Dengan perkembangan dunia internet yang sangat pesat, keberadaan e-commerce memang tidak sulit untuk ikut berkembang dan mengambil hati jutaan pencinta kegiatan belanja. Untuk lebih membekali diri mengenai e-commerce, tidak ada salahnya mempelajari pengertian e-commerce menurut para ahli. Hadirnya e-commerce bisa mempermudah segala jenis transaksi dalam jual beli. E-commerce sebenarnya kependekan dari electronic commerce yang bermakna perniagaan elektronik. E-commerce didefinisikan secara umum sebagai segala bentuk transaksi perdagangan, perniagaan, atau jual beli barang atau jasa dengan menggunakan media elektronik, dalam hal ini internet.

Tak dapat dipungkiri bahwa munculnya e-commerce memang didorong oleh pesatnya perkembangan dunia internet. Selain itu, tren ekonomi global, cara pandang terhadap informasi, pergeseran paradigma dan budaya bisnis juga bisa mengubah gaya hidup manusia sehingga cenderung menggunakan e-commerce untuk melakukan transaksi perdagangan. Minat masyarakat untuk memanfaatkan e-commerce memang luar biasa, tak hanya bagi pedagangnya saja, melainkan juga pembeli yang terus bertambah setiap harinya. Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar memang tepat untuk media pemasaran barang dan jasa. Prosesnya yang cepat dan mudah juga didukung oleh fasilitas yang canggih.

6

Untuk lebih memantapkan definisi mengenai e-commerce, Anda bisa mempelajari definisinya menurut pakar. Berikut ini adalah beberapa pengertian e-commerce menurut para ahli.

  • Menurut David baum, e-commerce adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, jasa, dan informasi.
  • Menurut Julian Ding, e-commerce adalah suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan karena bisa memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.
  • Menurut Mariza Arfina, e-commerce adalah suatu cara berbelanja atau berdagang secara online yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat situs yang menyediakan layanan antar.
  • Menurut Roger Clarke, e-commerce adalah tata cara perdagangan barang dan jasa yang menggunakan media telekomunikasi sebagai alat bantunya.

                Munculnya aktivitas e-commerce memiliki tujuan yang memang dirancang dari awal. Tujuan tersebut tentunya berharap bahwa sistem perniagaan atau perdagangan bisa lebih efisien dan terstruktur. Tujuan tersebut adalah (1) menyempurnakan efisiensi transaksi atau layanan sehingga mereka bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan kinerja yang lebih baik, (2) untuk mendapatkan keuntungan materi, misalnya untuk e-commerce penjualan, iklan, lelang, pedagangan saham, dan lain-lain, (3) mengubah sistem perniagaan konvensional ke sistem yang lebih modern dan memanfaatkan teknologi yang ada.

                Selain pengertian e-commerce menurut para ahli, kita juga bisa mempelajari berbagai jenis sistem e-commerce agar tidak terpatok pada internet saja. Jika diklasifikasikan, e-commerce memiliki tiga tipe aplikasi, yaitu electronic markets, electronic data interchange, dan internet commerce. Electronic markets adalah sebuah sarana menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga. Electronic data interchange adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi komersial. Internet commerce adalah  penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts