Pengertian Organisasi Internasional Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Organisasi Internasional Menurut Para Ahli adalah – Apa yang Anda ketahui tentang organisasi internasional? Dilihat dari gabungan kata pembentuknya, tentunya istilah organisasi internasional sudah bisa ditebak apa makna dan hakikatnya. Pengertian organisasi internasional menurut para ahli biasanya akan disampaikan oleh pakar di bidang ilmu HI (hubungan internasional). Tak mudah mendefinisikan hal tersebut karena berhubungan dengan banyak negara dan harus dipahami oleh semuanya. Organisasi internasional biasanya berupa hubungan yang terjalin dengan saling memberikan manfaat dan kerjasama yang baik bagi seluruh anggotanya. Menjadi salah satu anggota organisasi internasional merupakan suatu keuntungan bagi negara tersebut. Apalagi bila anggota yang lain memiliki banyak kelebihan yang bisa dipinjam atau dimintai kerjasamanya.

Sebelum masuk ke pengertian organisasi internasional menurut para ahli, terlebih dahulu kita kupas mengenai definisi organisasi dan internasional. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), organisasi adalah satu kesatuan atau susunan yang terdiri atas bagian-bagian dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu; kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan internasional adalah segala hal yang menyangkut bangsa atau negeri di seluruh dunia; antarbangsa. Dengan demikian, organisasi internasional bisa didefinisikan sebagai suatu kesatuan, susunan, atau kerjasama antarbangsa yang terdiri atas negara-negara di seluruh dunia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

9

Untuk menegaskan pengertian secara kamus dan istilah di atas, tak ada salahnya bila kita juga mengetahui pengertian organisasi internasional menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi mengenai organisasi sosial yang dikemukakan oleh para pakar di bidangnya.

  • Menurut D. W. Bowett, organisasi internasional adalah sebuah organisasi yang permanen dan berdasar pada suatu traktat yang bersifat multilateral serta memiliki beberapa kriteria tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Menurut J. Pariere Mandalangi, organisasi internasional adalah suatu organisasi yang terbentuk atas dasar suatu perjanjian tertulis yang dibuat bersama oleh minimal tiga negara dan disepakati minimal oleh tiga organisasi internasional yang sudah ada.
  • Menurut Teuku May Rudy, organisasi internasional adalah suatu bentuk kerjasama yang melintasi batas-batas negara, baik antara pemerintah dengan pemerintah maupun antara kelompok non pemerontah dengan kelompok non pemerintah, dengan berlandaskan struktur organisasi yang jelas, diharapkan mempunyai fungsi yang berkesinambungan dan melembaga demi tercapainya tujuan yang telah disepakati bersama.
  • Menurut Archer, organisasi internasional adalah suatu organisasi yang memiliki struktur berkesinambungan serta pembentukan organisasi yang berdasarkan atas perjanjian yang telah dibuat oleh para anggotanya, yakni dua negara atau lebih yang berdaulat untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Bouer Mauna, organisasi internasional adalah perhimpunan dari beberapa negara yang telah merdeka dan berdaulat memiliki tujuan untuk mencapai kepentingan yang telah disepakati bersama oleh para anggotanya.
  • Menurut Daniel S. Cheever dan h. Field Haviland Jr., organisasi internasional adalah suatu bentuk kerjasama internasional yang melembaga dan berlandaskan pada suatu persetujuan antara negara-negara.
  • Menurut N. A. Maryan Green, organisasi internasional adalah sebuah organisasi yang terbentuk dalam suatu perjanjian yang disepakati dan dilakukan oleh peserta yang terdiri dari tiga negara atau lebih.

Related Posts