Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Penjualan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah produksi. Perusahaan memproduksi barang dan jasa sebaik dan semaksimal mungkin tidak akan ada nilainya bila penjualannya tidak bagus. Penjualan dianggap bagus apabila banyak konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa tersebut. Lalu, apa sebenarnya penjualan itu? Seperti apa konsepnya? Dan bagaimana pengertian penjualan menurut para ahli? Semua pertanyaan tersebut adakan dijawab dalam pembahasan kali ini. Mengingat penjualan merupakan bagian dari pemasaran dan penawaran produk barang dan jasa kepada masyarakat, maka penjualan masuk dalam kegiatan distribusi dalam proses perekonomian dan bisnis.

                Secara umum, penjualan bisa dimaknai sebagai suatu usaha nyata yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk memindahkan suatu produk berupa barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Selain itu, penjualan merupakan kegiatan terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pembeli dengan tujuan memperoleh keuntungan. Tujuan utama dari kegiatan penjualan adalah untuk mendapatkan keuntungan atau laba dari produk yang dihasilkan produsen dengan pengelolaan yang baik. Dalam pelaksanaannya, penjualan membutuhkan pihak-pihak yang bekerja, seperti agen, pedagang, tenaga pemasaran atau marketing, dan sales. Orang-orang tersebut merupakan ujung tombak sebuah perusahaan karena langsung menawarkan produk kepada konsumen.

8

                Pengertian penjualan juga dikemukakan oleh banyak pakar. Berikut ini adalah pengertian penjualan menurut para ahli di bidangnya.

  • Menurut Kevin J. Clancy & Robert S. Shulman, penjualan adalah sebagian kategori dari pemasaran.
  • Menurut Jeffrey J. Fox, penjualan adalah tanggung jawab pemasaran atau bagian marketing.
  • Menurut Zimmerer, penjualan adalah sumber utama aliran kas atau keuangan yang masuk ke dalam perusahaan.
  • Menurut Jill Griffin, penjualan adalah awal hubungan seumur hidup antara penjual dengan pelanggan.
  • Menurut Rhonda Abrams, penjualan adalahsebuah aktivitas berupa interaksi langsung antara produsen dengan konsumen untuk memperoleh pesanan atau penjualan langsung.
  • Menurut Frans M. Royan, penjualan adalah pekerjaan utama salesman dan salesgirl.
  • Menurut Robert Ashton, penjualan adalah proses dimana seseorang membantu orang lain mengambil keputusan pembelian suatu barang atau jasa.
  • Menurut Matz & Usry, penjualan adalah pengalihan hak milik dari satu orang ke orang yang lain.

                Dalam pengertian penjualan menurut para ahli dikemukakan bahwa semua orang yang berkecimpung dalam dunia penjualan haruslah memiliki keterampilan, kesabaran, keuletan, dan komunikasi yang baik untuk menunjang aktivitasnya. Pengetahuan mengenai produk, seperti harga, jenis, keunggulan, perbedaan dengan produk lain sejenis, dan sebagainya juga harus dimiliki oleh pihak-pihak tersebut. Untuk mendukung kegiatan penjualan terhadap sebuah produk, diperlukan daya dukung lainnya, misal promosi. Kegiatan promosi ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara, seperti periklanan melalui media cetak, elektronik, dan internet. Atau promosi bisa juga dilakukan dengan mengadakan demo di sebuah perkumpulan. Selain promosi, ada juga metode publikasi yang dilakukan dengan bantuan sponsor tertentu. Publikasi bisa juga dilakukan dengan menempel poster, baliho, atau pamflet mengenai produk di tempat-tempat umum. Kesemua strategi penjualan tersebut bisa dipakai untuk meningkatkan penjualan dan mendatangkan keuntungan berlipat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts