Pengertian dan Fungsi Darah

 Pengetahuan

Tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa darah. Banyak cairan yang ada dalam tubuh, salah satunya adalah darah. Anda jelas mengetahui bagaimana bentuk dan wujud dari darah. Bisakah anda menjelaskan pengertian dan fungsi darah dalam tubuh anda? Atau anda hanya bisa menyebutkan warnanya saja? Darah adalah cairan dalam tubuh mahluk hidup yang memiliki peranan penting dalam tubuh sebagai media transportasi oksigen dan nutrisi yang bersirkulasi melalui aksi pemompaan jantung. Sirkulasi darah merupakan kunci kehidupan.

Darah yang ada dalam tubuh tersusun dari kandungan air (dengan presentase terbesar yaitu 91%), protein, mnieral, dan garam. Membahas pengertian dan fungsi darah, tergantung pada jenis darah yang ada dalam tubuh. Darah yang ada dalam tubuh terbagi dalam 3 jenis dengan fungsi berbeda, yaitu :

8

  1. sel darah merah (eritrosit) dikatakan sebagai jenis darah yang ada dalam tubuh dengan jumlah yang paling banyak (sekitar 99%) dibandingkan jenis lainnya. Dalam darah, eritrosit berperan dalam penentuan golongan darah dan sebagai mengedarkan oksigen. Penyakit yang disebabkan akibat gangguan sel darah merah sering disebut anemia (kekurangan darah merah)
  2. sel darah putih (leukosit), memiliki jumlah paling sedikit dibandingkan jenis lainnya (sekitar 0,2%). Dalam tubuh leukosit bertanggung jawab terhadap system kekebalan tubuh, leukosit memusnahkan benda – benda asing yang dianggap berbahaya apabila masuk dalam tubuh seperti virus dan bakteri. Orang yang memiliki leukosit berlebih dalam tubuhnya disebut leukemia, sebaliknya orang yang memiliki leukosit kurang dalam tubuhnya disebut leucopenia.
  3. keping darah (trombosit), jumlahnya sekitar 0,6% – 1,0% dalam tubuh. Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah. Maksudnya adalah saat seseorang terluka, trombosit menjalankan perannya untuk proses pembekuan darah sehingga darah tidak terus keluar dari tubuh manusia.
  4. plasma darah, berfungsi sebagai pengangkut sari makanan ke sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan, plasma darah beerhubungan dengan proses pembekuan darah, karena dalam plasma darah terdapat fibrinogen yang fungsinya memperbaiki jaringan kulit yang rusak disebabkan oleh luka.

Terlepas dari jenisnya, darah mempunyai beberapa fungsi umum yang akan dijelaskan pada pembahasan artikel pengertian dan fungsi darah kali ini, fungsi darah untuk tubuh adalah;

  1. Darah berfungsi sebagai zat pengangkut untuk zat – zat kimia
  2. Darah mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel di seluruh tubuh
  3. Darah menjaga system kekebalan tubuh, darah menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, dan mengandung berbagai bahan penyusun system imun yang tujuannya adalah untuk mempertahankan kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.
  4. Darah mengangkat karbondioksida dari jaringan yang dikeluarkan melalui paru – paru
  5. Darah dapat dijadikan pengatur suhu saat cuaca dingin, karena darah berfungsi sebagai penyebar panas ke seluruh tubuh, inilah alasannya mengapa orang yang tidak bernyawa memiliki suhu tubuh yang dingin, karena tidak ada darah yang mengalir dalam tubuhnya.

Darah memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan hewan, dan hanya tumbuhan saja mahluk hidup yang bisa hidup tanpa darah. Pengertian dan fungsi darah pada pembahasan kali ini semoga memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.

Related Posts