Pengertian dan Fungsi Transistor

 Pengetahuan

Apa itu transistor? Membahas pengertian dan fungsi transistor, berarti membahas ilmu elektronika. Listrik yang penggunaannya kita nikmati dalam kehidupoan sehari – hari termasuk dalam komponen elektronika, yang di dalam prosesnya terdapat komponen transistor untuk melengkapi system kerja dari penggunaan listrik. Penggunaan listrik tanpa memanfaatkan komponen transistor tidak dapat berjalan sempurna, karena transistor memegang peranan yang cukup penting dalam komponen elektronika, dan listrik termasuk dalam komponen elektronika. Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang memiliki keahlian dibidang listrik kata transistor tidak terdengar asing, dan bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang listrik pasti bisa membedakan antara transistor dan komponen elektronika lainnya.

Transistor termasuk bagian penting dari listrik, jadi sudah seharusnya kita memahami tentang apa itu transistor mulai dari pengertian dan fungsi transistor. Transistor diartikan sebagai alat semikonduktor (maksudnya adalah transistor bersifat sebagai penghantar dan penghambat arus listrik), transistor terdiri dari dua kata “ transfer = pemindahan panas ” dan “resistor = penghambat “. Dari dua kata ini transistor dapat diartikan sebagai alat pemindah atau peralihan bahan yang sifatnya setengah penghantar menjadi bahan penghantar pada suhu dan keadaan tertentu.

9

Dalam komponen elektronoka, dan rangkaian listrik, transistor dikatakan sebagai komponen terpenting. Mengapa demikian? karena transistor memegang peranan dan fungsi yang sangat penting untuk memperoleh kinerja yang baik dalam suatu rangkaian listrik. Dalam sirkuit elektronika, transistor berperan sebagai jangkar rantaian. Transistor memiliki tiga kaki elektroda yang mengatur tegangan atau arus yang mengalir pada satu kaki (memiliki tegangan yang lebih besar) untuk melalui 2 terminal (penghubung) lainnya. Melengkapi pembahasan pengertian dan fungsi transistor kali ini, penulis jabarkan mengenai fungsi transistor dalam penggunaannya di rangkaian listrik. Dalam ilmu elektronika, fungsi transistor adalah ;

  • Transistor berfungsi sebagai penguat arus dalam rangkaian elektronika, maksudnya adalah salah prinsip kerja transistor menguatkan arus kecil yang melewatinya
  • Transistor berfungsi sebagai pemutus atau penyambung arus dalam rangkaian elektronika atau dikatakan transistor berfungsi sebagai saklar.
  • Transistor berfungsi sebagai perata arus dalam rangkaian listrik
  • Transistor berfungsi sebagai penyearah arus dalam rangkaian listrik
  • Transistor berfungsi sebagai pembangkit frekuensi rendah maupun tinggi daalam suatu rangkaian listrik

Bagaimana pembaca? Penulis rasa pembahasan pengertian dan fungsi transistor kali ini cukup menjawab pertanyaan mengenai apa itu transistor dan bagaimana fungsinya dalam system rangkaian elektronika. Penulis berharap semoga artikel kali ini menambah wawasan bagi pembaca dan juga memberikan pengetahuan tambahan serta kata – kata yang membuat pembaca penasaran, sehingga dengan rasa penasaran tersebut anda akan terus belajar dan belajar, menggali ilmu yang tidak ada batasnya. Penulis juga berharap agar pembaca tidak hanya puas dengan ilmu yang sudah dimilikinya setinggi apapun ilmu itu, karena ilmu yang ada di alam terus dan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Jadi, sebanyak apapun ilmu itu semoga pembaca terus mengembangkannya dan terus merasa kurang dengan ilmu yang dimilikinya, meskipun anda terbilang orang yang hebat.

Related Posts