Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah seni rupa dibentuk dari kata seni dan rupa. Secara istilah seni berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna pemujaan, pelayanan, dan persembahan. Kata ini berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang pada akhirnya disebut kesenian, tetapi menurut Pemda Puspita kata seni berasal dari bahasa Belanda. Sedangkan rupa bisa dimaknai dengan wujud, keadaan yang tampak di luar, atau roman muka. Titik berat istilah seni rupa ada pada seninya, itu sebabnya pengertian seni rupa menurut para ahli lebih banyak condong ke definisi seni. Seni adalah hal yang sangat menarik untuk dikupas lebih dalam. Seni mempunyai banyak pengertian: (1) halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok; (2) keahlian membuat karya yang bermutu; (3) kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang berkesanggupan luar biasa.

                Pengertian seni rupa menurut para ahli akan diulas setelah ini. Secara umum, seni rupa dalah salah satu cabang kesenian, ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain. Seni rupa merupakan realisasi imajinasi yang tanpa batas dan tidak ada batasan dalam berkarya seni. Sehingga dalam berkarya seni tidak akan kehabisan ide dan imajinasi. Dalam seni rupa murni, karya yang tercipta merupakan bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Sehingga objek yang dibuat merupakan hasil dari satu atau lebih dari satu media yang ada.

3

                Sesuai dengan pembukaan di atas, pengertian seni lebih banyak dan beragam daripada pengertian seni rupa menurut para ahli, namun bukan berarti tidak berkaitan. Unsur seni yang begitu beragam, mencantumkan seni rupa sebagai salah satu bagian seni yang banyak dipelajari.

  • Menurut Kottak, seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.
  • Menurut Aristoteles, seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.
  • Menurut Plato dan Rousseau, seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
  • Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia.
  • Menurut Ahdian Karta Miharja, seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
  • Menurut Drs. Sudarmaji, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.
  • Menurut  Drs Popo Iskandar, seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
  • Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi, seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  • Menurut Schopenhauer, seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.
  • Menurut Eric Ariyanto, seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.
  • Menurut Ira Adriati, seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian inflasi , pengertian koperasi , pengertian norma , pengertian seni rupa , pengertian bisnis , pengertian otonomi daerah , pengertian lingkungan hidup , pengertian jaringan , pengertian drama , pengertian budaya politik , pengertian software

Related Posts