Pengertian Upload Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Berbicara mengenai internet dan beragam fungsi di dalamnya, jelas tak bisa menghindari sebuah istilah yang dinamakan dengan upload. Aktivitas ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari di jaringan internet. Di dalam pengertian upload menurut para ahli disebutkan bahwa aktivitas ini menjadi salah satu alasan seseorang semakin sering menggunakan jaringan internet sebagai bagian dari penyampai informasi. Upload memiliki lawan proses yaitu download. Keduanya merupakan proses yang selalu berkaitan antara satu dengan lainnya. Apa kaitan keduanya dan mengapa selalu bekerja secara berdampingan?

Upload adalah istilah bahasa Inggris yang berarti mengunggah. Secara sederhana upload bisa diartikan sebagai suatu proses pemindahan, pengiriman, atau transfer data elektronik yang berupa file, gambar, video, film, musik, dan file lainnya dari sebuah perangkat ke perangkat lainnya. Upload bisa juga bermakna sebagai sebuah proses pengiriman data dari sebuah sistem lokal menuju sistem jarak jauh seperti web server, ftp server, atau sistem lainnya yang mempunyai tujuan supaya sistem remote dapat menyimpan salinan data yang telah dikirim atau ditransfer tersebut. File yang dikirmkan atau di-upload biasanya telah disimpan dalam komputer pengirimnya, sehingga proses upload bisa lebih mudah dan cepat karena tinggal mengambil file yang telah ada.

3

Di atas telah disinggung bahwa proses upload tidak bisa dipisahkan dari proses download. Sebenarnya apa download itu? Apa hubungan download dengan pengertian upload menurut para ahli? Download juga berasal dari bahasa Inggris yang berarti mengunduh. Download merupakan lawan kata dari upload. Bila upload adalah proses mngirimkan data elektronik ke perangkat lain, download merupakan sebuah proses pengambilan data elektronik tersebut agar bisa tersimpan di komputer pengunduhnya. Proses download tidak akan bisa dilakukan bila tidak ada data atau file yang diupload, begitu pula sebaliknya proses upload tidak akan bermanfaat bila tidak ada perangkat atau pengguna yang akan men-downloadnya. Itu sebabnya kedua aktivitas tersebut saling bergantung dan memengaruhi satu sama lain. Sama dengan upload, download juga bisa diterapkan dalam berbagai jenis file, mulai dari dokumen, foto, audio, video, film, dan jenis-jenis file lainnya.

Selain download, ada lagi sebuah istilah yang berhubungan dengan upload, yakni remote upload. Apa itu remote upload? Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, remote upload adalah pengiriman jarak jauh. Lebih lanjut remote upload adalah sebuah proses pengiriman atau pemindahan data elektronik atau berkas dari sebuah remote system satu menuju ke remote system lainnya. Proses remote upload ini biasanya dilakukan oleh sebuah layanan penyedia file hosting online. Proses ini biasanya memerlukan koneksi dial-up. Namun, proses ini kurang menguntungkan karena memakan waktu lama karena proses pemindahan data berjalan secara dua kali yakni mengunduh dan mengunggah secara lokal.

Pengertian upload menurut para ahli memang tidak hanya berisi mengenai proses mengunggah saja, di dalamnya bisa ikut dipelajari pula proses download dan remote upload. Hal ini menandakan bahwa kecanggihan dunia internet memang tidak bisa dibatasi dan dinggap remeh. Selalu ada banyak hal baru dan menarik yang bisa terus dipelajari oleh penggunanya.

Related Posts