Pengertian Jaringan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam dunia teknologi yang terus menerus berkembang tanpa batas, jaringan menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh banyak orang. Jaringan yang dimaksud di sini adalah jaringan komputer dan internet. Lebih lanjut, kita nanti akan mengulas mengenai pengertian jaringan menurut para ahli. Internet yang semakin meluas membuat pengertian jaringan pun ikut terangkat reputasinya. Internet merupakan salah satu bentuk jaringan komputer yang telah menjadi raksasa di dunia komunikasi yang menghubungkan semua jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Dengan jaringan internet, kita bisa berhubungan dengan orang yang berada ratusan bahkan jutaan kilometer dari tempat kita berada. jaringan internet tak akan pernah bisa terhubung bila tidak terdapat jaringan komputer, itu sebabnya kedua jaringan tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat. Dengan adanya jaringan internet dapat mebantu mempercepat waktu pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

                Berikut ini adalah pengertian jaringan menurut para ahli. Hal ini juga penting untuk diketahui agar kita bisa lebih memanfaatkan jaringan komputer dan internet dengan sesuai dan semestinya.

7

  • Menurut Angga Wibowo & Smitdev Community, jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Menurut Melwin Syafrizal, jaringan adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
  • Menurut Madcoms, jaringan merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.
  • Menurut Teguh Wahyono, jaringan merupakan sekumpulan komputer otonom yang saling terhubung satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi pada suatu jaringan komunikasi data.
  • Menurut Hasnul Arifin, jaringan merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang dihubunkan satu dengan lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi.
  • Menurut Tannenbaum, jaringan adalah suatu kumpulan interkoneksi dari komputer-komputer yang otonom.
  • Menurut Anwar dan Tantrina, jaringan adalah sistem komputer dan printer, serta jalur data untuk penggunaan internet dan servernya.
  • Menurut Andik Susilo, jaringan adalah sebuah teknologi untuk menghubungkan beberapa komputer agar dapat bertukar informasi atau data dengan menggunakan media kabel.
  • Menurut Lia Kuswayatno, jaringan adalah sekelompok komputer yang terdiri atas dua buah unit komputer atau lebih yang saling terhubung dan dapat saling menukar (sharing) dan bebragi program maupun data satu sama lain.

                Dari beberapa pengertian jaringan menurut para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri atas sekumpulan komputer untuk menunjang terhubungnya komunikasi antara satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya. Saat ini jaringan, baik komputer dan internet, sudah tak bisa dilepaskan atau dijauhkan dari kehidupan masyarakat. Bahkan, kedua jaringan ini telah menjadi bahan dasar untuk bekerja. Tak sedikit perusahaan yang menggantungkan proses, produk, dan segala hal mengenai usahanya pada kedua jaringan ini. Untuk itu, setiap perkembangan mengenai jaringan komputer dan internet selalu diikuti dan di-update oleh berbagai pihak.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian inflasi , pengertian koperasi , pengertian norma , pengertian seni rupa , pengertian bisnis , pengertian otonomi daerah , pengertian lingkungan hidup , pengertian jaringan , pengertian drama , pengertian budaya politik , pengertian software

Related Posts