Manfaat Biji, Daun, dan Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

 Kesehatan

Alpukat atau apokat memiliki nama Latin Persea Americana, berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah yang muncul secara musiman ini memiliki warna hijau yang segar dengan daging  berwarna kuning kehijau-hijauan. Tekstur dagingnya sangat halus dan lembek, cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pencernaan. Manfaat biji, daun, dan buah alpukat untuk kesehatan dan ibu hamil sangatlah banyak. Tak bisa dipungkiri bahwa alpukat memang mengandung nutrisi yang tidak sedikit. Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah alpukat ini juga berkhasiat untuk perawatan tubuh, wajah, dan kecantikan. Yuk, kita simak penjelasan dan uraiannya di bawah ini.

Kita mulai dari biji alpukat terlebih dahulu. Tak banyak yang tahu bahwa biji alpukat yang keras dan berwarna coklat kehitaman tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Bagian yang seringkali dibuang atau biasanya dipakai untuk pembibitan ini bisa diolah menjadi obat atau ramuan yang bermanfaat. Khasiat dan manfaat yang bisa diperoleh dari biji alpukat adalah sebagai berikut. Pertama, bisa digunakan untuk obat sakit maag. Kedua, untuk obat sakit gigi. Ketiga, untuk mengobati penyakit diabetes atau kencing manis, terutama diabetes mellitus. Keempat, sebagai obat sariawan dan menghilangkan rasa nyeri. Kelima, untuk penghilang stress yang timbul akibat aktivitas harian yang padat dan sangat sibuk.

1

Masih di manfaat biji, daun, dan buah alpukat untuk kesehatan dan ibu hamil. Selanjutnya mengenai manfaat daun alpukat yang akan dipaparkan. Daun alpukat ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Pengolahannya cukup sederhana, tinggal direbus dengan tambahan berbagai bahan alami lainnya lalu diminum secara teratur. Daun alpukat yang direbus dengan air hingga mendidih dan diminum tiap pagi dan sore bisa mengatasi penyakit batu ginjal. Untuk mengobati sakit perut, bisa diatasi dengan ramuan daun alpukat dicampur akar temu kelinci, rimpang kunyit segar, daun pegagan, dan air lalu direbus dan diminum sehari sekali. Untuk sakit pinggang, bisa mencoba ramuan daun alpukat yang direbus dan didiamkan semalam sebelum diminum keesokan sorenya. Selanjutnya untuk pengobatan penyakit hipertensi atau darah tinggi, bisa dengan menyeduh daun alpukat dan diminum sehari sekali.

Manfaat biji, daun, dan buah alpukat untuk kesehatan dan ibu hamil. Saatnya membahas mengenai buah alpukat. Bagian yang paling disukai dari keseluruhan tanaman alpukat ini tentunya memiliki khasiat yang sangat beragam. Selain baik bagi kesehatan tubuh, buah alpukat juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Secara umum, buah alpukat bisa mengatasi berbagai macam penyakit, yakni sebagai berikut.

  • Mencegah risiko stroke karena kandungan asam folat.
  • Menangkal radikal bebas karena kandungan vitamin E, C, atau flavonoid.
  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A.
  • Menjaga kesehatan jantung karena kandungan asam folat yang tinggi.
  • Menyembuhkan penyakit maag.
  • Mencegah kanker prostat karena kandungan senyawa di dalamnya mampu menghancurkan sel kanker tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.
  • Membantu menurunkan kolesterol karena kandungan betasitosterol yang cukup tinggi.

Sedangkan untuk ibu hamil, buah alpukat memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini pada kulit, membentuk jaringan kolagen, mencegah penyakit spina bifida pada janin yang dikandung, dan kandungan asam folatnya mampu mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang.

Related Posts